Ragam Hoaks Seputar RSD Wisma Atlet : Mencekam hingga Antrean Pasien Covid-19

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 12 Jan 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 12 Jan 2021, 13:00 WIB
Klaim antrean pasien covid-19 di Wisma Atlet
Perbesar
Klaim antrean pasien covid-19 di Wisma Atlet.

Liputan6.com, Jakarta - Wisma Atlet dijadikan sebagai Rumah Sakit Darurat (RSD) untuk menangani pasien positif covid-19 selama pandemi belum surut di Indonesia. Namun, Wisma Atlet ini kerap menjadi sasaran hoaks yang disebarkan melalui ruang digital.

Berikut Cek Fakta Liputan6.com merangkum beberapa hoaks seputar pasien covid-19 di Wisma Atlet.

1. Klaim Video Antrean Pasien Covid-19 di Wisma Atlet

Pada Minggu (10/1/2021), seorang pengguna Facebook dengan nama Peri Salju mengunggah sebuah video antrean pasien covid-19 di dalam ruangan tertutup. Dia mengklaim kalau itu merupakan antrean pasien di Wisma Atlet.

Dalam unggahan video itu, pasien covid-19 yang diklaim berada di ruang tunggu Wisma Atlet, berdekatan dengan antrean. Begini narasinya:

"Ini bukan antrian ke bandara tapi pasien covid yang menunggu tempat rawat di wisma atlit".

Sejak diunggah, video dengan klaim antrean pasien covid-19 di Wisma Atlet itu sudah dilihat ratusan kali oleh warga Facebook lainnya.

Lalu, benarkah itu video antrean pasien covid-19 di Wisma Atlet? Simak melalui tautan ini.

 

2 dari 6 halaman

2. Video yang Diklaim 1 RT di Ciracas Dievakuasi ke Wisma Atlet karena Covid-19

Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Warga 1 RT di Ciracas Dievakuasi ke Wisma Atlet karena Covid-19 (sumber: Facebook)
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Warga 1 RT di Ciracas Dievakuasi ke Wisma Atlet karena Covid-19 (sumber: Facebook)

Sebuah video yang diklaim warga 1 RT di Ciracas, Jakarta Timur dievakuasi ke Wisma Atlet karena positif virus corona Covid-19 beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook BISA VIRAL pada 12 Desember 2020.

Dalam video tersebut beberapa warga mengantre masuk ke dalam bus berwarna kuning. Mereka tampak membawa koper dan tas.

Terdapat suara seseorang dalam video itu. Dia menyebut bahwa saat ini tengah dilakukan persiapan mengangkut warga Ciracas ke Wisma Atlet, Kamayoran, Jakarta Pusat.

"Persiapan evakuasi dari puskesmas Ciracas 72 orang, ke Wisma Atlet, Tower 6, 7, 8, ada balita. Semoga lekas sembuh ya," kata orang tersebut.

Akun Facebook BISA VIRAL kemudian mengaitkan video tersebut dengan warga 1 RT di Ciracas, Jakarta Timur dievakuasi ke Wisma Atlet karena positif virus corona Covid-19.

"1 RT di Ciracas jkt timur kena covid dan di evakuasi ke wisma atlet..ūüėĘūüėĘ," tulis akun Facebook BISA VIRAL.

Video yang disebarkan akun Facebook BISA VIRAL telah 200 kali ditonton warganet.

Baca selengkapnya di sini.

 

3 dari 6 halaman

3. Klaim Wisma Atlet Mencekam karena Lampu Kamar Pasien Menyala Semua

Hoaks Wisma Atlet
Perbesar
Hoaks Wisma Atlet. (Facebook/Willz Tambunan)

Pada September 2020, warga Facebook dihebohkan dengan sebuah foto Wisma Atlet yang diambil pada malam hari. Tampak di foto, semua lampu Wisma Atlet menyala dan disebut dalam situasi yang mencekam.

Salah satu pengguna Facebook yang mengunggah foto Wisma Atlet terlihat mencekam di malam hari adalah Willz Tambunan. Dia mengunggahnya pada Rabu, 9 September 2020.

Begini narasi yang ada di dalam foto Wisma Atlet mencekam:

"RS Wisma Atlet lampu Kamar nyala semua....kurangi keluar rumah kalau ngga penting banget......mencekaam...."

Unggahan itu mendapat banyak respons dari warga Facebook, yakni 15 like dan 19 komentar. Semua komentar bernada ketakutan.

Baca selengkapnya di sini.

 

 

4 dari 6 halaman

4. Klaim Puskesmas di Kelapa Gading Rujuk 10 Pasien Virus Corona ke Wisma Atlet Setiap Hari

Hoaks Puskesmas
Perbesar
Hoaks puskesmas. (Facebook/Dyah Ningrum Utami)

Di bulan Agustus 2020, Cek Fakta Liputan6.com menemukan narasi para pengguna Facebook yang mengklaim ada 10 pasien di Puskesmas Kelapa Gading harus dirujuk ke Wisma Atlet akibat virus corona per harinya.

Tercatat, ada empat pengguna Facebook yang menyebarkan isu 10 pasien Puskesmas Kelapa Gading dirujuk ke Wisma Atlet akibat virus corona per harinya. Mereka adalah Dyah Ningrum Utami, Oktaaf Mci, Tino Art, dan Ruth Cahyadi.

Narasi yang mereka buat pun 100 persen sama, yakni seperti ini:

"Just Info but Urgent !!!

Teman2x semua kasus covid +19 di jakarta masih sangat banyak.

Per hari ini ruang isolasi covid di mitra gading full 23 dengan kondisi yg sedang sampe berat.

Setiap ada belasan pasien covid yg positif dan setiap hr dr puskesmas gading ngerujuk 10 an pasien ke wisma atlet.

Jadi stay safe jangan keluar dl kl gak perlu... kita masih jauhhhhhhhhhhhhhhhhhhh dr kelar.

Jangan euforia dulu. Kasus makin banyak dan makin berat lebih parah dr akhir maret. Gading, sunter dan sekitarnya... daerah lain juga sama semua RS full.. stay safe..

Banyak yg kena abis makan di restoran dimana semua org buka masker krn ruangan AC gak ad ventilasi, banyak yg dpt dr kantor saat makan bareng, banyak yg kena acara ultah keluarga pikirnya aman ternyata ad yg positif gak bergejala

Jangan ke mall, jangan lepas masker, jangan makan bareng dl, jangan dine in..Dear all, ini sharing teman saya yang dokter. Harus sangat ketat untuk menghindari resiko dan menjaga diri kita, dan serta keluarga dan TEMAN2 kantor kita yang lain..

Semoga Tuhan selalu lindungi kita semua dan keluarga .."

Baca selengkapnya di sini.

 

5 dari 6 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

 

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓