Sukses

6 Informasi Kesehatan Palsu Seputar Penangkal Covid-19 yang Harus Diabaikan

Berikut informasi kesehatan palsu seputar penangkal Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Covid-19 telah menyebar ke banyak negara di seluruh dunia dan saat ini belum ada obatnya. Sayangnya itu tidak menghentikan banyak informasi kesehatan palsu, mulai dari tidak berguna tetapi relatif tidak berbahaya, hingga benar-benar berbahaya.

Dilansir dari bbc.com, berikut informasi kesehatan palsu seputar penangkal Covid-19 dan apa yang sebenarnya dikatakan oleh sains.

1. Bawang putih

Banyak postingan yang merekomendasikan makan bawang putih untuk mencegah infeksi dibagikan di Facebook.

WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) mengatakan bahwa meskipun ini adalah "makanan sehat yang mungkin memiliki beberapa sifat antimikroba", tidak ada bukti bahwa makan bawang putih dapat melindungi orang dari virus corona baru.

Dalam banyak kasus, jenis pengobatan ini sendiri tidak berbahaya, selama tidak menghalangi Anda untuk mengikuti saran medis berbasis bukti. Tapi mereka memiliki potensi untuk menjadi seperti itu.

South China Morning Post melaporkan, kisah seorang wanita yang harus menjalani perawatan di rumah sakit karena radang tenggorokan yang parah setelah mengonsumsi 1,5 kg bawang putih mentah.

Kita tahu secara umum bahwa makan buah dan sayur serta minum air putih bisa baik untuk menjaga kesehatan. Namun, tidak ada bukti bahwa makanan tertentu akan membantu melawan virus khusus ini.

 

2. 'Mineral ajaib'

YouTuber Jordan Sather, yang memiliki ribuan pengikut di berbagai platform, telah mengklaim bahwa "suplemen mineral ajaib", yang disebut MMS, dapat "menghapus" virus corona.

Ini mengandung klorin dioksida - zat pemutih.

Sather dan yang lainnya mempromosikan zat tersebut bahkan sebelum wabah virus Corona, dan pada Januari dia men-tweet bahwa, "klorin dioksida (alias MMS) bukan hanya pembunuh sel kanker yang efektif, tetapi juga dapat menghapus virus corona".

 

3. Pembersih tangan buatan sendiri

Ada banyak laporan tentang kekurangan gel pembersih tangan, karena mencuci tangan adalah salah satu cara utama untuk mencegah penyebaran virus.

Ketika laporan tentang kekurangan itu muncul di Italia, begitu pula resep untuk gel buatan sendiri di media sosial.

Tetapi resep-resep ini, yang diduga merupakan penipuan untuk salah satu merek paling populer di negara itu, adalah untuk disinfektan yang lebih cocok untuk membersihkan permukaan dan, seperti yang ditunjukkan oleh para ilmuwan, tidak cocok untuk digunakan pada kulit.

Gel tangan berbahan dasar alkohol biasanya juga mengandung emolien, yang membuatnya lebih lembut di kulit, selain kandungan alkoholnya 60-70%.

Profesor Sally Bloomfield, di London School of Hygiene and Tropical Medicine, mengatakan dia tidak yakin Anda bisa membuat produk yang efektif untuk membersihkan tangan di rumah - bahkan vodka hanya mengandung 40% alkohol.

Untuk membersihkan permukaan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengatakan disinfektan rumah tangga yang paling umum harus efektif.

 

4. Perak yang bisa diminum

Penggunaan koloid perak dipromosikan di acara televangelist AS Jim Bakker. Perak koloid adalah partikel kecil dari logam yang tersuspensi dalam cairan. Seorang tamu di acara itu mengklaim bahwa solusi tersebut membunuh beberapa jenis virus korona dalam waktu 12 jam (sementara mengakui bahwa itu belum diuji pada Covid-19).

Gagasan bahwa itu bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk virus korona telah banyak dibagikan di Facebook, terutama oleh kelompok "kebebasan medis" yang sangat curiga terhadap nasihat medis arus utama.

Pendukung koloid perak mengklaim dapat mengobati semua jenis kondisi kesehatan, bertindak sebagai antiseptik, dan menyatakan itu membantu sistem kekebalan tubuh. Ada beberapa kegunaan perak dalam perawatan kesehatan, misalnya pada perban yang dioleskan pada luka, tetapi itu tidak berarti itu efektif untuk dikonsumsi.

Otoritas kesehatan AS menyatakan,  tidak ada bukti larutan perak jenis ini efektif untuk kondisi kesehatan apa pun. Lebih penting lagi, ini dapat menyebabkan efek samping yang serius termasuk kerusakan ginjal, kejang dan argyria - suatu kondisi yang membuat kulit Anda membiru.

Mereka mengatakan bahwa, tidak seperti besi atau seng, perak bukanlah logam yang memiliki fungsi apa pun dalam tubuh manusia.

Beberapa dari mereka yang mempromosikan zat untuk kesehatan umum di media sosial telah menemukan postingan mereka sekarang menghasilkan peringatan pop-up dari layanan pengecekan fakta Facebook.

 

5. Minum air setiap 15 menit

Satu posting, disalin dan ditempel oleh beberapa akun Facebook, mengutip seorang "dokter Jepang" yang merekomendasikan minum air setiap 15 menit untuk menghilangkan virus yang mungkin masuk ke mulut. Sebuah versi dalam bahasa Arab telah dibagikan lebih dari 250.000 kali.

Profesor Trudie Lang dari Universitas Oxford mengatakan "tidak ada mekanisme biologis" yang akan mendukung gagasan bahwa Anda bisa mencuci virus pernapasan ke dalam perut dan membunuhnya.

Infeksi seperti virus corona masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan saat Anda menarik napas. Beberapa di antaranya mungkin masuk ke mulut Anda, tetapi bahkan terus-menerus minum air tidak akan mencegah Anda tertular virus.

Meskipun demikian, minum air dan tetap terhidrasi umumnya merupakan nasihat medis yang baik.

 

6. Panaskan dan hindari es krim

Ada banyak variasi nasihat yang menyarankan panas membunuh virus, dari merekomendasikan minum air panas sampai mandi air panas, atau menggunakan pengering rambut.

Satu postingan, disalin dan ditempel oleh lusinan pengguna media sosial di berbagai negara - dan secara keliru dikaitkan dengan Unicef - mengklaim bahwa meminum air panas dan paparan sinar matahari akan membunuh virus, dan mengatakan es krim harus dihindari.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.