Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Wanita Ini Berhubungan dengan Babi hingga Menghasilkan Anak

Beredar kabar seorang wanita berhubungan dengan babi hingga menghasilkan anak. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang seorang wanita berhubungan dengan babi hingga menghasilkan anak beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Umii Ririn pada 30 Desember 2020.

Akun Facebook Umii Ririn mengunggah artikel berjudul "Sunguh Sangat Memalukan.Wanita Ini B3rhubungan Dengan Seekor Babi Hingga Menghasilkan Anak" yang dimuat situs tanyajawab.id.

Dalam artikel tersebut tampak seorang wanita berkacamata tengah berbaring sambil memeluk seekor babi.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan hubungan si wanita dengan seekor babi hingga menghasilkan anak.

"Sunguh Sangat Memalukan.Wanita Ini B3rhubungan Dengan Seekor Babi Hingga Menghasilkan Anak," tulis akun Facebook Umii Ririn.

Konten yang disebarkan akun Facebook Umii Ririn telah 7 kali direspons dan mendapat 6 komentar warganet.

Benarkah kabar tentang seorang wanita dengan babi hingga menghasilkan anak? Berikut penelusurannya.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang seorang wanita berhubungan dengan babi hingga menghasilkan anak sebagaimana diunggah akun Facebook Umii Ririn.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto wanita yang memeluk seekor babi ke situs Google Reverse Image. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Meet the woman who shares her bed with a pig" yang dimuat situs naija.yafri.ca pada 17 April 2015.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs naija.yafri.ca

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa wanita dalam foto tersebut bernama Zhu Chou. Wanita berusia 27 tahun asal China sempat menjadi perbincangan di internet karena berbagi kehidupannya dengan babi peliharannya, Five flowers.

Wanita Tionghoa ini telah memelihara hewan peliharaan ini sejak masih anak babi. Foto mereka meringkuk di tempat tidur bersama sempat diberitakan People’s Daily Online. Suami Zhu tidak mempermasalahkan kebiasaan unik istrinya tersebut.

Liputan6.com juga membuka artikel berjudul "Sunguh Sangat Memalukan.Wanita Ini B3rhubungan Dengan Seekor Babi Hingga Menghasilkan Anak" yang dimuat situs tanyajawab.id.

Namun isi artikel tersebut tidak menjelaskan peristiwa wanita dan babi berhubungan hingga menghasilkan anak.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang seorang wanita berhubungan dengan babi hingga menghasilkan anak ternyata tidak benar. Faktanya, wanita dalam foto tersebut hanya memelihara babi di dalam rumahnya, bukan berhubungan hingga menghasilkan anak. Konten yang disebarkan akun Facebook Umii Ririn masuk kategori palsu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.