Ragam Hoaks Catut Nama Dokter: Ada yang 2 Kali Terseret Informasi Palsu

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 29 Des 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 29 Des 2020, 12:00 WIB
Bukan tulisan dr Siti Fadillah
Perbesar
Bukan tulisan dr Siti Fadillah. (Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi covid-19 belum reda. Hal ini sejalan lurus dengan hoaks atau informasi palsu, bahkan ada yang mencatut nama dokter di Indonesia.

Berikut ini Cek Fakta Liputan6.com merangkum hoaks yang mencatut nama dokter. Bahkan, nama dr Siti Fadillah, yang merupakan spesialis jantung sekaligus eks Menteri Kesehatan, dua kali terseret hoaks.

1. Klaim Tulisan dr Siti Fadillah soal Pengobatan Covid-19

Beredar sebuah pesan berantai mencatut nama mantan Menteri Kesehatan sekaligus dokter jantung, dr Siti Fadillah. Pesan berantai itu membahas tujuh cara pengobatan covid- 19.

Disebutkan dalam narasi yang mengklaim cara penanganan covid-19 dari dr Siti Fadillah, istirahat selama tujuh hari sangat ampuh mengobati penyakit ini.

Begini narasi yang beredar:

"Tulisan dr Siti Fadillah, dokter jantung dan mantan mentri kesehatan

 Menurut saya cara pengobatan Covid-19:

Pertama kita harus tahu bahwa batuk bukan penyakit utama, demam bukan penyakit utama, tapi itu hanya reaksi tubuh terhadap perlawanan infeksi atau lainnya, termasuk sakit tenggorokan. 

Kalau kita beli obat flu, isinya adalah pereda nyeri tenggorokan, pereda batuk kering, pereda demam, ada pengencer dahak juga kadang kadang

Dari sini kita belajar, untuk penyembuhan flu diobati sesuai dengan gejala sakitnya apa.

Katakanlah Covid-19 gejala sakitnya adalah radang tenggorokan, batuk kering, demam, sesak nafas

Maka pengobatan nya adalah :

1. Istirahat Total ( ini wajib apapun jenis sakit flu nya, karena virus dilawan oleh antibodi ). Benar-benar istirahat sampai fit, bukan sampai badan terasa enakan. Harus sampai fit, bisa 7 hari istirahatnya.

2. Suplai vitamin dengan dosis double, kalau saya biasanya kena flu minum Farmaton Vit 2x sehari, Ester C 1000 mg 2x sehari, Madu 5 sendok, Habbats Cair 5 kapsul, Zaitun 3 sendok.

3. Jika sesak nafas ( karena semua jenis flu yang menyerang manusia memang menyebabkan atau dibarengi sesak nafas, apalagi untuk orang yang punya asma seperti saya). Jadi tidak usah heran kalau Covid-19 katanya bikin sesak nafas, karena semua flu memang begitu.

Nah lanjut lagi, kalau sudah sesak nafas, pengobatan yang mujarab adalah dengan alat uap Nebulizer + obat Ventolin cair + cairan infus ( bisa dilakukan sendiri di rumah, sangat mudah dan tidak berbahaya ). Diuapi sehari 3x sampai hilang sesak nafasnya, biasanya 1-3 hari hilang sesaknya seiring dengan semakin membaiknya kondisi tubuh.

3. Jika batuk ada dahaknya, dengan diuapi ikutan sembuh batuknya, masalahnya dahak akan keluar banyak dan pasti membuat iritasi tenggorokan, sehingga membuat sakit tenggorokan.

4. Sakit tenggorokan diobati dengan Metyl Predynoasolon dan pereda nyeri nya Asam MaFenamat, biasanya 1 sampai 3x minum sudah sembuh.

5. Kalau demam tinggal panasnya diturunkan dengan Paracetamol ( perlu diingat demam di sini berhubungan dengan infeksi, biasanya infeksi di tenggorokan atau radang tenggorokan). Kalau tidak ada radang tenggorokan yang parah, biasanya tidak akan demam.

6. Hindari makan buah yang bergetah seperti melon, nanas, semangka. Makan buah Jeruk saja, jeruk itu bagus.

7. Selama pengobatan ini, istirahat total dengan mengisolasi diri. Tidak usah mikir kerjaan, tidak usah mikir lain-lain ( ini yang akan bantu buat percepat sembuhnya).

Coba dipelajari cara penyembuhan diatas, apakah perlu kalian ke rumah sakit kalau cuma sakit flu?

Tidak kasihan kah dengan para dokter, tenaga medis dan pasien sakit berat lainnya?🍊🍊🍊🍊🍊🍊🍊

🆘 * SPANYOL telah mengumumkan perpanjangan darurat hingga (Maret 2021). *

🆘 * Inggris - mengumumkan penguncian (satu bulan). *

🆘 * PRANCIS - (2 minggu) *

🆘 * JERMAN - (4 minggu) *

🆘 * ITALIA - juga akan segera menyusul. *

😱 *

SEMUA negara ini telah mengonfirmasi bahwa GELOMBANG KEDUA lebih mematikan daripada yang pertama. *

😷 *

Jadi kita harus sangat berhati-hati dan TERUS SEMUA PENCEGAHAN. * 🆘😷🆘

🧚🏻‍♂️💚🧚🏻‍♂️ * Harap juga menjadi komunikator ALERT di antara semua teman dan keluarga. *

😷 * SELAMATKAN SEMUA ORANG DARI GELOMBANG KEDUA. *

*

Kami tidak dapat mengambil FASE PENGUNCIAN ke-2 SEBAGAI JIKA TIDAK ADA. *

😱 * Ya, sejarah memberi tahu kita bahwa (gelombang kedua) lebih berbahaya daripada gelombang pertama, seperti yang terjadi pada 1917 hingga 1919 dengan flu Spanyol. Jutaan orang tewas. *

🧚🏻‍♂️💚🧚🏻‍♂️ * Lindungi diri Anda dan keluarga Anda. *

Tetap aman, COVID-19 🙏🏻

* JANGAN menyimpan informasi ini hanya untuk diri Anda sendiri, berikan kepada semua keluarga dan teman Anda. * 🧚🏻‍♂️💚🧚🏻‍♂️"

Baca selengkapnya soal klaim dokter Siti Fadillah di sini.

 

2 dari 6 halaman

2. Klaim Pesan soal Asal-usul Eks Menkes Siti Fadilah Supari

Gambar Tangkapan Layar Kabar Tentang Eks Menkes Siti Fadilah Supari
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Kabar Tentang Eks Menkes Siti Fadilah Supari

Sebuah pesan berantai berisi asal usul mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari beredar di media sosial. Pesan tersebut disebarkan oleh akun Facebook Muhammad Kalono pada 28 Mei 2020.

Berikut narasinya:

Mengenal asa-usul SITI FADILLAH SUPARI,Harimau Solo yang Menggagalkan Bisnis Vaksin WHO Bernilai Ribuan Triliun

*Siti Fadillah Supari* dijuluki pemantik revolisi oleh majalah Economist, dan Karni Ilyas menjulukinya Harimau; Lebih baik menjadi Harimau sehari ketimbang menjadi kambing seumur hidup.

Siti Fadilah Supari puteri Syahlan Rosyidi, dalam dunia pergerakan sejak kemerdekaan hingga era Orba di kenal sebagai KH Syahlan Rosyidi - tokoh Masyumi yng tinggal di Solo, kawasan Keprabon. Pada 1955, Syahlan Rosyidi muda adalah anggota DPRD Surakarta dari Fraksi Masyumi.

Syahlan Rosyidi berasal dari Tempursari, Ngawen - Klaten, satu kawasan dengan asal Mbah Sutardjo Surjoguritno tokoh PDI (PDIP). Semasa orde lama Syahlan Rosyidi anggota DPRD GR dari Muhammadiyah sejak dibubarkannya Masyumi.

Selanjutnya semasa Orba, Syahlan menjadi anggota MPR RI dari Golkar, sebagaimana juga diperankan Cak Nur dan Gus Dur. Juga menjadi Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah dan Ketua MUI pada sekitar 1985.

Pernah suatu hari pada Oktober 1965, rumah Syahlan disambangi massa PKI kota Solo. Waktu itu ia sedang di luar rumah/kota, dan dihadapi sendiri oleh Siti Fadilah Supari yang masih kuliah tingkat satu Fakultas Kedokteran UGM. Sambil berkacak pinggang, gadis lincah dan cerdas dizaman itu menantang : Kamu berani sama wanita, saya dan adik-adik saya. Arep ngopo kowe... mrene?

Sementara anak-anak kost yang umumnya para pelajar PGAA Negeri Solo (eks Mambaul Ulum, selatan Masjid Agung Solo)disuruh bersembunyi, masa bubar. Memang saat itu PKI menjadi kekuatan politik yng dominan di Eks Karesidenan Surakarta. Menunjuk pasca pembubaran PKI, massa ini berlindung dibalik slogan Hidup Bung Karno, Ganyang Nekolim. Bila Anda tidak menjawab salam Hidup Bung Karno, pasti bogem mentah akan melayang ..

Fadilah Supari mewarisi jiwa juang Syahlan Rosyidi dan ibunya yng macan betina Masyumi Solo Hj. Syarifah Muhtarom - seangkatan dengan Ustadz Bakri Royani, KH Amir Ma'shum Klaten, H. Baruszama Harsono.

Syahlan Rosyidi seangkatan dengan KH Muhammad Asngad, KH Ali Darokah, Pak Zar (KH Imam Zarkasyi), dan KH Ghozali - Jamsaren.

Semasa menjabat Menkes, Siti Fadillah berhasil “meloloskan” pendirian tiga fakultas Kedokteran di Universitas- universitas Muhammadiyah Surakarta, Jakarta dan Malang.

Konten yang disebarkan akun Facebook Muhammad Kalono telah 1.100 kali dibagikan dan mendapat 677 komentar warganet.

Baca selengkapnya di sini.

 

 

3 dari 6 halaman

3. Klaim Informasi Pendaftaran Relawan Tenaga Kesehatan Covid-19 Melalui Dokter Irna

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi pendaftaran relawan tenaga kesehatan untuk pasien Covid-19 melalui Dokter Irna
Perbesar
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi pendaftaran relawan tenaga kesehatan untuk pasien Covid-19 melalui Dokter Irna

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pendaftaran relawan tenaga kesehatan untuk pasien Covid-19 melalui Dokter Irna.

Informasi pendaftaran relawan tenaga kesehatan untuk pasien Covid-19 melalui Dokter Irna beredar melalui aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasinya:

"Yth Bapak/Ibu,Mohon ijin...🙏🙏🙏Bisakah mencarikan volunteer tenaga kesehatan untuk merawat pasien covid 19 di wisma atlit jakarta yg akan dibuka senin ini? Apabila ada bisa hubungi saya... terimakasih...

Dr. Irna+6281212729543Kemenkes

(Batas usia 40 thn maksimal)

Gaji Rp.6,3 juta dapet mes

Ini link pendaftarannya👇http://tiny.cc/Volunteer_COVID19

Teman2 mhn bantuannya share ini ya.. saat ini yg mendaftar masih 140an org. Sementara kebutuhannya 800 org. Terima kasih. 🙏🏻🙏🏻"

Baca selengkapnya di sini.

 

4 dari 6 halaman

4. Klaim Pesan Berantai Mencatut Nama IDI

Gambar Tangkapan Layar Pesan Berantai yang Mencatut Nama IDI
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Pesan Berantai yang Mencatut Nama IDI

Sebuah pesan berantai yang mencatut nama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) beredar di media sosial. Pesan tersebut diunggah akun Facebook Rahma Raffi pada 18 Juni 2017 lalu.

Dalam pesan tersebut terdapat narasi bagaimana cara menyembuhkan penyakit dan manfaat mengonsumsi buah. Berikut isinya:

"WA dari IDI**(IKATAN DOKTER INDONESIA)*

Buat Saudarakuini untuk Mengingatkan kembali jangan malas baca,Cara Penyembuhan Penyakit dengan buah buahan/sayur-mayur yang ada di sekitar kita :

01.Wanita dilarangmenarik barangbeban, wanita harusmendorong.

02.Jalan 50 langkahmemperbaiki tulangtubuh, menaiki 20anak tanggamemperbaiki tulanglutut.

03.Kopi tidak disarankanbagi WANITA, karenadapat menyebabkanOsteoporosis danmempercepatmenopause.

04.Rebus 10 helai daunSalam dengan 2 gelasair, minum tiap hariselama 12 hari untukmenurunkan kolestroldan darah tinggi.

05.Penyebab darah tinggiadalah kekurangankalium. Semangka, Timun adalah sumberKalium (disarankanSemangka Kuning).

06.Jus pear + stroberi 4buah menaikkan dayatahan tubuh.

07.Anggur hitamMenguatkan Jantung,Anggur Hijaumelangsingkan Tubuh,Anggur Merahmelebarkan Pembuluhdarah (agar tdktersumbat / antiKolestrol).

08.Labu kuning baikuntuk mempertajamdaya ingat anak, dimakan wanita hamillebih baik.Untuk priaDewasa, Pumpkinberguna untukmenghasilkan Spermaberkualitas.

09.Pisang untuk yangsering kram danKesemutan.

10.Manggis paling baikuntuk tulang.

11.PaprikamenyembuhkanDiabetes, Sakit Tulangdan anti Kanker.

12.Apel + buncis di juicebersama dapatmenjadi obatPankreas/Diabetes.

13.Makan sayuran hijauSiang hari anti Stroke.

14.Sayur memastikanProtein tidak menjadiKanker.

15.Sayur memastikanKarbo tidak menjadiDiabetes

*Panduan Kesehatan*01.Sering makan lalutidur bisa kena KankerLambung karena Magtidak dapat istirahat

02.Hanya boleh makanEmpat butir telur perminggu, selebihnya tdkbaik

03.Pantat AyammengandungKarsinogen (PenyebabKanker), janganmakan Pantat Ayam

04.Makan buahseharusnya Beforemeal, bukan After Meal

05.Saat Haid janganminum teh apalagi tehhijau, sebaiknyamakan sesuatu yangbisa Nambah Darah

06.Jangan terlalu banyakminum susu kacang,jangan pake telur dangula

07.Makan Tomatsebaiknya After Meal,jangan perut Kosong

08.Tiap pagi bangun tidurminum Segelas airputih bisa cegah batuempedu

09.3 jam sebelum tidurjangan makan lagi,bisa gemuk

10.Jangan minum tehsusu atau (teh tarik /buble tea) karenatinggi Kalori tinggiLemak tidak Bergizidan bisa Darah TinggiKencing Manis

11.Jangan makan Rotiyang baru keluar darioven

12.Charger HP jangandekat tempat tidur,harus berjarak 30 cmlebih dari posisi tidur.

13.Tiap hari minum air8-10 gelas untukhindari kankerKantong Kemih

14.Siang hari harusbanyak minum airPutih, malam hariharus sedikit minumAir putih.

15.Minum kopi janganmelebih dua cangkirper hari, bisamenyebabkanInsomnia dan penyakitMag ( Lambung ).

16.Jangan makanmakanan yang tinggiLemak karena butuh5~7 jam pencernaan,mengakibatkan darahterpusat padapencernaan danmengakibatkanngantuk krn otakkekurangan supplyDarah.

17.Setelah jam Lima sorejangan makan banyakKarena Tubuh kitatidak butuh banyakKalori

18.Sepuluh jenismakanan sehata.Ikan laut dalam,b.Pisang,c.Jeruk balid.Roti full Gandum,e.Sayur Bayam,f. Bawang Putih, g.Pumpkin,h.Susu low Fat,i. Daging ayam,y.Buah Cherry

19.Kurang tidur bikin otaktumpul, biasakan tidursiang bisa awet muda.

Air lemon Panas bisa menolong anda seumur hidupLemon Panas membunuh Sel Kanker.Terimakasih.Selesai baca ini tolong Forward/WA lagi, karena bisa berguna bagi orang lain.

Semoga Bermanfaat untuk kita semua dan orang lain," tulis akun Facebook Rahma Raffi."

Baca selengkapnya di sini.

 

5 dari 6 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓