Sukses

Cek Fakta: Hoaks Informasi Karnaval Tahun Baru Alfamart Bagikan Kupon Rp 3 Juta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi karnaval tahun baru Alfamart bagikan kupon Rp 3 juta

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi karnaval tahun baru Alfamart membagikan kupon senilai Rp 3 juta. Informasi karnaval tahun baru Alfamart bagikan kupon Rp 3 juta beredar di aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi karnaval tahun baru Alfamart bagikan kupon Rp 3 juta tersebut berupa tautan yang menampilkan tulisan "Karnaval Tahun Baru Alfamart".

Berikut tautan tersebut:

http://alfamart.kupon.gratisurl.xyz/?c=tahunbaru

Benarkah Informasi karnaval tahun baru Alfamart bagikan kupon Rp 3 juta? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi karnaval tahun baru Alfamart bagikan kupon Rp 3 juta, dengan menghubungi pihak Alfamart.

Coorporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman menyatakan, informasi karnaval tahun baru Alfamart bagikan kupon Rp 3 juta hoaks.

"Itu hoaks," kata Nur Rachman saat berbincang dengan Liputan6.com.

Nur Rachman pun meminta, masyarakat tidak perlu menanggapi informasi tersebut. Sebab informasi karnaval tahun baru Alfamart bagikan kupon Rp 3 juta bukan pesan resmi yang dikeluarkan dari Alfamart.

"Pesan tersebut tidak resmi dari Alfamart, untuk itu masyarakat yang menerimanya tidak perlu dihiraukan," ujar Nur Rachman.

Nur Rachman mengatakan, informasi tersebut bisa merugikan masyarakat. Misalnya saja terjadi pencurian data pribadi oleh pihak tertentu dengan maksud dan tujuan tertentu pula.

"Untuk itu masyarakat jangan mudah tergiur oleh iming-iming yang diberikan meski seolah-olah dibuat resmi oleh Alfamart," jelasnya.

"Kalau tidak cermat, masyarakat akan mengira itu resmi dibuat oleh Alfamart, namun yang paling mudah menandainya adalah dengan cara melalui nama alamat web atau link yang tidak lazim," sambung dia.

Bukan kali ini saja penipuan atas nama Alfamart beredar melalui siaran WhatsApp atau aplikasi pesan lainnya. Masyarakat bisa memastikan kebenaran informasi seputar Alfamart melalui website resmi alfamart.co.id dan sosial media facebook.com/alfamartku, instagram.com/alfamart dan twitter.com/alfamart . Atau call center 1500 959.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi karnaval tahun baru Alfamart bagikan kupon Rp 3 juta tidak benar. Pihak Alfamart menyatakan, informasi tersebut bukan pernyataan resmi dari Alfamart.

 

  

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.