Sukses

Cek Fakta: Akun Facebook Palsu Mencatut Gubernur Lampung Arinal Djunaidi

Akun Facebook yang mengatasnamakan Arinal Djunaidi, yakni dengan alamat profil Facebook drs.syamsuarmsi.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan banyak akun Facebook yang mencatut nama Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi. Beberapa akun itu mengklaim bekerja di Kantor Gubernur Provinsi Lampung.

Seperti di akun Arinal.djunaidi.73, yang mengunggah foto kegiatan Gubernur Lampung itu pada 8 Desember 2020. Akun Facebook ini juga memiliki 769 teman.

Akun lain yang mengatasnamakan Arinal Djunaidi, yakni dengan alamat profil Facebook drs.syamsuarmsi. Akun ini menunggah foto Arinal Djunaini sedang memberikan hormat kepada sorang pria dengan jas hitam.

Foto tersebut diunggah pada 9 September 2020. Foto ini juga mendapat 58 respons dari warga Facebook lainnya.

Lalu, benarkah akun Facebook itu milik Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim ini ke situs Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. Kemudian, ada link yang menghubungkan ke Instagram Pemprov Lampung, @pemprov.lampung.

Dari akun Instagram ini, ada penjelasan mengenai akun Facebook yang mengatasnamakan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi. Pemprov Lampung menyebut Arinal Djunaidi tidak menggunakan Facebook.

Begini narasi yang ada di Instagram Pemprov Lampung pada 4 Oktober 2020:

"[HOAKS] Beredar beberapa akun Facebook yang mengatasnamakan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

Semua akun tersebut adalah palsu. Akun Instagram @arinal_djunaidi merupakan satu-satunya sosial media yang dikelola oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

Waspada jika ada akun Facebook, messenger atau WhatsApp mengatasnamakan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi yang mengajak Berkomunikasi bahkan meminta sesuatu yang tidak diinginkan."

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Pemerintah Provinsi Lampung (@pemprov.lampung)

Akun Instagram resmi milik Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi hingga saat ini sudah memiliki 61,9 ribu pengikut. Akun ini juga sudah memposting sebanyak 956 unggahan.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Akun Facebook mengatasnamakan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi adalah palsu. Faktanya, Arinal Djunaidi hanya aktif di Instagram.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.