Sukses

Cek Fakta: Pria Hamil dan Melahirkan Anak Ini Ternyata Transgender

Beredar kabar seorang pria hamil dan melahirkan anak. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang seorang pria yang hamil dan melahirkan sepasang anak beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan situs home.raulaz.com.

Situs tersebut menayangkan artikel dengan judul artikel "Kiamat Makin Dekat, Pria Ini Hamil dan Akhirnya Melahirkan Sepasang Anak" pada 25 Desember 2020.

Artikel tersebut memuat foto seorang pria yang tengah memperlihatkan perut buncitnya. Pada gambar lainnya, si pria tersebut terlihat tengah memandang bayi.

Dalam artikel itu, disebutkan bahwa pria tersebut bernama Thomas Beatie. Ia disebutkan melahirkan anak setelah hamil 12 bulan.

Benarkah kabar tentang seorang pria yang hamil dan melahirkan sepasang anak? Berikut penelusurannya.

 

Saksikan video piilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang seorang pria yang hamil dan melahirkan sepasang anak. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar pria yang diklaim hamil itu ke situs Yandex. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai kabar pria hamil dalam foto tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "World's first pregnant man bankrupt after business hit by prejudice...but he's still planning FOURTH child" yang dimuat situs dailymail.co.uk pada 27 Maret 2011.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa pria yang dikabarkan hamil dan melahirkan anak bernama Thomas Beatie. Namun, dia bukan pria tulen, melainkan transgender.

Beatie lahir sebagai perempuan bernama Tracy Lagondino. Menginjak dewasa, ia kemudian menjalani operasi penggantian kelamin dan sekarang secara resmi laki-laki. Beatie bisa hamil setelah sebelumnya menjalani inseminasi buatan.

Jadi kehamilannya terjadi karena teknologi buatan manusia. Kisah ini terjadi pada 2007 silam. Beatie hamil selama 12 bulan sebelum kemudian dia melahirkan seorang anak.

Pada 2003 Beatie menikah dengan wanita bernama Nancy, namun setelah hidup bersama Nancy tidak subur dan tidak bisa memiliki anak. Karena dia ingin anak kandung, Thomas melakukan inseminasi buatan menggunakan bank sperma, kemudian pada 2007 dia hamil.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang seorang pria yang hamil dan melahirkan sepasang anak ternyata tidak benar. Faktanya pria bernama Thomas Beatie merupakan transgender. Dia bisa hamil karena menjalani inseminasi buatan. Narasi yang disebarkan situs home.raulaz.com masuk kategori palsu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.