Sukses

Ragam Hoaks Sepekan: Ekspresi Fadli Zon hingga Pohon Natal di Istana Negara

Beragam hoaks muncul di Facebook hingga Twitter, mulai dari ekspresi Fadli Zon hingga pohon natal di Istana Negara.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ini, ada banyak hoaks yang berselebaran di ruang digital. Beragam hoaks muncul di Facebook hingga Twitter, mulai dari ekspresi Fadli Zon hingga pohon natal di Istana Negara.

Berikut ini Cek Fakta Liputan6.com akan memaparkan ragam hoaks yang menjadi sorotan selama sepekan.

1. Klaim Foto Ekspresi Wajah Fadli Zon Usai Reshuffle Kabinet

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan postingan foto dari politikus Partai Gerindra Fadli Zon setelah reshuffle kabinet. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satu yang membagikannya adalah akun bernama Gus Bijox. Dia mengunggahnya pada 22 Desember 2020.

Dalam postingannya terdapat foto Fadli Zon dengan narasi "SEBUAH EKSPRESI WAJAH SETELAH RESHUFFLE KABINET, SELASA, 22 DESEMBER 2020"

Baca selengkapnya tentang hoaks foto Fadli Zon di sini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Klaim Foto yang Menggambarkan Anggota FPI Mengamuk di Kantor Pegadaian

Sebuah foto yang diklaim seorang anggota Front Pembela Islam (FPI) mengamuk di sebuah kantor pegadaian beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Boris Tamudo.

Dalam foto yang diunggah akun Facebook Boris Tamudo, tampak sejumlah polisi tengah berjaga di sebuah ruko. Beberapa di antara personel polisi itu terihat mengenakan rompi antipeluru.

Akun Facebook Boris Tamudo kemudian mengaitkan foto tersebut dengan kabar seorang anggota FPI mengamuk di sebuah kantor pegadaian.

"Front Pembela Islam?

Seorang anggota FPI menggadaikan motor ke pegadaian. Trus datang minta motornya tapi ogah bayar uang gadainya dgn dalih riba itu haram. Pihak pegadaian gak mau memberikan motornya. Dia balik lagi bawa golok minta motornya. Pegadaian nelp polisi," tulis akun Facebook Boris Tamudo."

Konten yang disebarkan akun Facebook Boris Tamudo telah 528 kali dibagikan dan mendapat 121 komentar warganet.

Baca selengkapnya di sini.

 

 

 

3 dari 5 halaman

3. Klaim Anak Wajib Tes Swab Sebelum Masuk Sekolah Tatap Muka

Kabar tentang anak wajib melakukan tes swab sebelum masuk sekolah tatap muka beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan situs liputan9.org pada 14 Desember 2020.

Situs liputan9.org memuat artikel berjudul "Belajar Tatap Muka RESMI Januari 2021, Anak Wajib Swab Test Sebelum Masuk Sekolah".

Artikel tersebut memuat foto Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Nadiem tampak mengenakan masker dan batik berwarna biru dan terlihat tengah memberikan keterangan pers.

Baca selengkapnya di sini.

 

4 dari 5 halaman

4. Klaim Foto Pohon Natal Berada di Halaman Istana Negara

Sebuah foto yang diklaim pohon natal di halaman Istana Negara beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Alexandra Hanny Pratiwi pada 20 Desember 2020.

Dalam foto tersebut, tampak dua buah pohon natal berdiri di halaman. Terdapat juga narasi berisi pohon natal yang dipasang di halaman Istana Negara.

"PUJI TUHAN UNTUK PERTAMA KALINYA POHON NATAL DI PASANG DI HALAMAN ISTANA NEGARA INDONESIA! Semenjak Indonesia Merdeka di tahun 1945! Pemerintahan JOKOWI HEBAAT"

"#Selalu mengedepankan toleransi beragama,apalagi nanti bila pak Ahok dapat meneruskan kepemimpinan R1 di tahun 2024,yakin dan percaya Indonesia semakin maju#," tulis akun Facebook Alexandra Hanny Pratiwi.

Konten yang disebarkan akun Facebook Alexandra Hanny Pratiwi telah 53 kali dibagikan dan mendapat 180 komentar warganet.

Baca selengkapnya di sini.

 

5 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.