Sukses

Mau Berenang Selama Liburan? Berikut Fakta dan Tips Mengurangi Risiko Terpapar Covid-19

Banyak jalan untuk mengisi liburan salah satunya dengan berenang meskipun sekarang masih pandemi virus corona covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Masa liburan menyambut Hari Natal dan Tahun Baru sudah tiba. Banyak jalan untuk mengisi liburan salah satunya dengan berenang meskipun sekarang masih pandemi virus corona covid-19.

Namun banyak yang menghindari olahraga ini karena ada isu yang berkembang bahwa virus corona covid-19 bisa menular melalui air. Sehingga tempat-tempat seperti kolam renang, laut, danau, hingga pemandian air panas harus dihindari.

Dilansir dari website CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS), berenang sebenarnya bagus untuk menjaga kondisi tubuh. Apalagi sejauh ini belum ada penelitian yang menyebut virus corona covid-19 menular melalui air.

WHO juga menjelaskan berenang aman selama kolam renang terawat dengan baik dan diklorinasi dengan benar. Virus corona covid-19 adalah virus yang mempunyai selubung dengan membran luar yang rapuh. Umumnya selubung ini rentan terhadap oksidan seperti klorin sehingga virus akan nonaktif lebih cepat.

Virus corona covid-19 menular melalui orang ke orang dari droplet yang dilepaskan saat batuk, bersin, maupun berbicara. Lalu apa saja yang harus dilakukan saat mau berenang dalam masa pandemi virus corona covid-19 seperti sekarang?

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips 1 dan 2

1. Sebelum pergi

- Tetaplah di rumah jika memiliki gejala covid-19, sedang menunggu hasil tes covid-19 atau sudah terkonfirmasi positif covid-19.

- Periksa pantai, kolam renang, atau pemandian air hangat yang dituju apakah sudah menerapkan protokol kesehatan.

- Bawa peralatan untuk menjaga kebersihan, seperti masker, hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen, tisu basah dengan disinfektan.

2. Menjaga jarak

- Saat Anda di dalam air atau di luar air tetap menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

- Hindari keramaian dan lebih baik segera keluar dari kolam renang, pantai, atau pemandian air hangat jika jaga jarak tak bisa diterapkan.

3 dari 3 halaman

Tips 3 dan 4

3. Pakai masker

Pakai masker saat Anda keluar dari air. Masker sangat penting jika jaga jarak sulit dilakukan.

4. Cuci tangan

- Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik terutama sebelum makan dan minum. Jika air dan sabun tidak ada maka bisa gunakan hand sanitizer dengan kandungan 60 persen alkohol sampai tangan Anda kering.

- Hindari berbagi barang seperti makan, minum, mainan dengan orang yang tidak serumah dengan Anda.

- Saat Anda tidak memakai masker maka pastikan Anda menutup hidung dan mulut dengan lengan saat bersin atau batuk atau bisa juga dengan tisu yang langsung dibuang. Setelah itu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.