Sukses

Cek Fakta: Hoaks Alfamart Adakan Program Bagi Voucher Rp 100 Ribu dengan Isi Survei

Beredar kembali di aplikasi percakapan pesan berantai berisi survei yang menjanjikan voucher dari Alfamart.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kembali di aplikasi percakapan pesan berantai berisi survei yang menjanjikan voucher dari Alfamart. Pesan berantai tersebut ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Dalam pesan berantai tersebut pelanggan Alfamart bisa mendapatkan vouchernya jika mengisi survei pada link yang ditautkan.

Berikut isinya:

"Kamu terpilih memenangkan voucher belanja masing-masing senilai Rp 100.000. Ikuti survei singkat kami:"

Lalu benarkah Alfamart sedang mengadakan survei yang menjanjikan hadiah voucher Rp. 100 ribu?

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan akun media sosial resmi Alfamart di Instagram yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Di sana terdapat postingan yang menjelaskan soal survei tersebut pada tanggal 20 Desember 2020.

"Hai Sahabat!!Yuk, tetap selalu waspada terhadap pihak - pihak tidak resmi yang mengatasnamakan Alfamart. Dengan ini Alfamart menyatakan bahwa tidak menyelenggarakan kegiatan pembagian Voucher Belanja masing - masing senilai Rp 100.000 dari kegiatan survei singkat seperti yang tertera pada gambar berikut ini.

Pastikan untuk tidak sembarang memberikan data pribadi kepada oknum / Situs / website palsu yang tidak jelas kebenarannya yang khawatir bisa menimbulkan kerugian. Penawaran voucher hanya melalui nomor resmi Whatsapp Alfamart di 0811-1500-959.

Konsumen diharapkan waspada apabila mendapatkan tawaran seperti di atas. Semua yang berkaitan dengan pemberian voucher atau promo oleh Alfamart hanya melalui situs dan Media Sosial resmi."

Dalam postingan tersebut juga disebutkan akun media sosial resmi milik Alfamart yakni:

- Facebook : www.facebook.com/alfamartku

- Instagram : www.instagram.com/alfamart

- Twitter www.twitter.com/alfamart

- Nomor resmi WhatsApp Alfamart 08111500959

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Alfamart (@alfamart)

Selain itu Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman kepada Liputan6.com pernah menjelaskan modus serupa kerap terjadi.

"Itu hoaks, bukan program Alfamart. Untuk itu masyarakat jangan mudah tergiur oleh iming-iming yang diberikan meski seolah-olah dibuat resmi oleh Alfamart," ujarnya.

"Kalau tidak cermat, masyarakat akan mengira itu resmi dibuat oleh Alfamart, namun yang paling mudah menandainya adalah dengan cara melalui nama alamat web/link yang tidak lazim," katanya menambahkan.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang menyebut Alfamart sedang mengadakan survei yang menjanjikan voucher bernilai Rp 100 ribu adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.