Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Bandara Dubai Sedang Berhias Sambut Natal

Beredar di media sosial postingan terkait foto Bandara Dubai yang sedang berhias menjelang perayaan Natal.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan terkait foto Bandara Dubai yang sedang berhias menjelang perayaan Natal. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun yang mengunggahnya adalah bernama Dev Shrestha. Dia mempostingnya pada 22 Desember 2020.

Dalam postingannya terdapat foto landasan udara pada malam hari dengan lampu yang membentuk pohon Natal.

Ia juga menambahkan narasi "Dubai airport runway decorated with Christmas tree" atau dalam Bahasa Indonesia "Bandara Dubai mendekorasi runwaynya dengan pohon Natal"

Lalu benarkah postingan foto yang menyebut Bandara Dubai menghias landasannya dengan pohon Natal?

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri menggunakan Google Reverse Image. Di sana pencarian mengarahkan pada laman Facebook Aeronews. Dalam postingan tanggal 16 Desember 2020 terdapat foto tersebut dan juga narasi berikut ini:

Cek Fakta Bandara Dubai bersolek menyambut Natal

"XMAS MOOD / Shannon Airport has come up with a festive advertising campaign involving a redesign of the airport’s runway. The runway has been reimagined as a magical Christmas tree bedecked with colourful Christmas lights and topped with a Christmas star."

Atau dalam Bahasa Indonesia

"XMAS MOOD / Bandara Shannon telah membuat kampanye iklan yang melibatkan desain ulang landasan pacu bandara. Landasan pacu telah ditata ulang berbentuk pohon Natal ajaib yang dihiasi dengan lampu Natal warna-warni dan diatapi bintang Natal."

Selain itu postingan tersebut juga mengarah pada artikel berjudul "Shannon Airport Launches Festive Campaign" yang tayang di Shannonairport.ie 15 Desember 2020.

Dalam artikel terdapat penjelasan dari juru bicara Bandara Shannon:

"Tahun ini tahun yang berat bagi warga Irlandia. Kami ingin menyambut Santa yang akan terbang melintasi Bandara Shannon," ujarnya.

"Natal tetaplah Natal apapun yang terjadi. Ini waktunya berbagi harapan dan kegembiraan, kami ingin mengucapkan Selamat Natal dengan kemeriahan," katanya menambahkan.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang menyebut foto Bandara Dubai sedang berhias untuk menyambut Natal adalah salah. Faktanya foto tersebut merupakan Bandara Shannon di Republik Irlandia.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.