Cek Fakta: Tidak Benar Foto Pohon Natal Ini Berada di Halaman Istana Negara

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 23 Des 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 26 Des 2020, 09:28 WIB
Gambar Tangkapan Layar Foto Pohon Natal yang Diklaim Berada di Halaman Istana Negara (sumber: Facebook)
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Foto Pohon Natal yang Diklaim Berada di Halaman Istana Negara (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim pohon natal di halaman Istana Negara beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Alexandra Hanny Pratiwi pada 20 Desember 2020.

Dalam foto tersebut, tampak dua buah pohon natal berdiri di halaman. Terdapat juga narasi berisi pohon natal yang dipasang di halaman Istana Negara.

"PUJI TUHAN UNTUK PERTAMA KALINYA POHON NATAL DI PASANG DI HALAMAN ISTANA NEGARA INDONESIA! Semenjak Indonesia Merdeka di tahun 1945! Pemerintahan JOKOWI HEBAAT"

"#Selalu mengedepankan toleransi beragama,apalagi nanti bila pak Ahok dapat meneruskan kepemimpinan R1 di tahun 2024,yakin dan percaya Indonesia semakin maju#," tulis akun Facebook Alexandra Hanny Pratiwi.

Konten yang disebarkan akun Facebook Alexandra Hanny Pratiwi telah 53 kali dibagikan dan mendapat 180 komentar warganet.

Benarkah foto tersebut merupakan pohon natal yang dipasang di halaman Istana Negara? Berikut penelusurannya.

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim pohon natal di halaman Istana Negara. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto identik. Satu di antaranya artikel berjudul "Baru Pertama Kali Sejak Ahok Berkuasa, Ada Pohon Natal Besar di Kantor Gubernur DKI Jakarta" yang dimuat situs suaranasional.com pada 22 Desember 2014 silam.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs suaranasional.com

Dalam foto yang dimuat artikel tersebut, tampak dua buah pohon natal dipajang di sebuah halaman. Foto tersebut terdapat narasi "Pohon natal di kantor Gubernur DKI Jakarta".

Menjelang perayaan Natal bagi warga Kristiani terdapat pohon Natal yang cukup besar di halaman Gedung Gubernur DKI Jakarta.

Berdasarkan pengamatan suarannasional, di depan ada dua pohon natal sekitar 3 meter. Selain itu terdapat beberapa hiasan yang menyambut perayaan bagi warga Kristiani itu.

Staf rumah tangga Pemerintah DKI Jakarta, Mansyur, mengatakan pemasangan pohon Natal di halaman Balai Kota merupakan yang pertama kali.

Sebelumnya, ujar dia, hanya ada pohon Natal setinggi sekitar 1,5 meter yang diletakkan di lobi Blok G. “Tahun ini, pertama kalinya dipasang pohon Natal setinggi itu,” tuturnya di Balai Kota, Senin, (22/12) sebagaimana dikutip tempo.co.

Sedangkan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memberi izin kepada tim Pembinaan Kesejahteraan Keluarga DKI untuk menghias kantor Gubernur DKI Jakarta dengan hiasan natal.

 

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim pohon natal dipasang di halaman Istana Negara ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan pohon natal di halaman Balai Kota DKI Jakarta. Foto tersebut beredar pada 2014 lalu. Konten yang disebarkan akun Facebook Alexandra Hanny Pratiwi masuk kategori palsu.

 

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓