Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Bintang Iklan Jamu Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto bintang iklan jamu Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim bintang iklan jamu Covid-19. Foto diklaim bintang iklan jamu Covid-19 diunggah akun Facebook Dena Rahaman, pada 22 November 2020.

Klaim foto bintang iklan jamu Covid-19 menampilkan dua foto, foto pertama tiga wanita mengenakan kebaya salah satunya mendapat botol dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Foto berikutnya tiga perempuan menggunakan kebaya yang sama sedang berbicara menggunakan mikrofon.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Selamat hari ibu buat ibu-ibu bintang iklan jamu covid..😁😁😁"

Benarkah klaim foto bintang iklan jamu Covid-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto bintang iklan jamu Covid-19 menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto bintang iklan jamu Covid-19

 

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Menkes Beri Langsung Jamu dari Jokowi ke Tiga Pasien Corona yang Sembuh" yang dimuat situs news.detik.com.

Artikel  situs news.detik.com memuat foto yang identik dengan bintang iklan jamu Covid-19.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto bintang iklan jamu Covid-19

 

 

Artikel situs news.detik.com menjelaskan, foto tersebut merupakan pasien positif Covid-19 kasus 1, 2, dan 3 telah dinyatakan sembuh. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pun secara langsung memberikan jamu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai buah tangan.

 

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Foto: Sosok Pasien 1,2,3 yang Sembuh dari Corona" yang dimuat situs kumparan.com, pada 16 Maret 2020.

Artikel situs kumparan.com memuat foto yang identik dengan foto kedua klaim foto bintang iklan jamu Covid-19 .

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto bintang iklan jamu Covid-19

 

Artikel situs kumparan.com menyebutkan, foto tersebut merupakan pasien kasus 1, kasus 2, dan kasus 3 yang telah dinyatakan sembuh dari virus corona (Covid-19) untuk pertama kalinya diperkenalkan ke hadapan publik. 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto bintang iklan jamu Covid-19 tidak benar. 

Foto tersebut merupakan pasien positif Covid-19 kasus 1, 2, dan 3 telah dinyatakan sembuh. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pun secara langsung memberikan jamu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai buah tangan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.