Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ini Teroris Sigi yang Mati Ditembak

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto teroris Sigi yang mati ditembak

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto teroris yang mati ditembak karena melalukan aksi teror di Desa Lembantongoa, Kabupaten Sigi, pada 27 November 2020.

Klaim foto teroris Sigi yang telah mati ditembak diunggah akun Facebook Nur Aisah, pada 2 Desember 2020.

Foto yang diunggah menampilkan dua rangkaian foto,  yaitu seorang sedang memegang senjata laras panjang dan satu orang sedang tidur terlentang.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"TNI Berhasil Menembak Mati 7 Orang TerorisYang Membantai Warga Sigi.11 Orang Masih Buron."

Benarkah foto teroris Sigi yang telah mati ditembak? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Simak Video Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto teroris Sigi yang mati ditembak, dengan menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto teroris Sigi mati ditembak

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Bojes, DPO MIT Poso Pernah Muncul di Palu pada 2019" yang dimuat situs kumparan.com, pada 8 November 2020.

Artikel situs kumparan.com, memuat foto seorang yang identik dengan klaim teroris Sigi yang sedang membawa sejata laras panjang mati ditembak.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto teroris Sigi mati ditembak

 

Artikel situs kumparan.com menyebutkan, seorang yang membawa sejata dalam foto tersebut merupakan Wahid alias Aan alias Bojes yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah, terus diburu Tim Densus 88 pasca kemunculannya di Kelurahan Mamboro, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu pada November 2020.

 

Penelusuran menggunakan Google Image juga mengarah pada artikel berjudul "Sempat Berkeliaran di Kota Palu, 2 DPO MIT Ditembak Mati di Parimo" yang dimuat situs news.detik.com.

Artikel situs detik.com juga memuat foto yang identik dengan Wahid alias Aan alias Bojes, anggota kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang masuk daftar pencarian orang (DPO) ditembak mati tim Satgas Tinombala di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah pada November 2020.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto teroris Sigi mati ditembak

 Wajah foto kedua pada klaim foto teroris Sigi yang mati ditembak identik dengan foto wajah Wahid alias Aan alias Bojes dengan potongan rambut pendek seperti yang dimuat dalam artikel detik.com.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim foto teroris Sigi yang mati ditembak tidak benar.

Seorang dalam foto tersebut adalah Wahid alias Aan alias Bojes anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.