Sukses

Cek Fakta: Hoaks Undian Berhadiah Uang hingga Mobil dari Bank Indonesia

Beredar sebuah pesan undian berhadiah melalui SMS hingga WhatsApp mengatasnamakan Bank Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar sebuah pesan undian berhadiah melalui SMS hingga WhatsApp mengatasnamakan Bank Indonesia. Disebutkan kalau penerima pesan ini memenangkan hadiah uang tunai hingga mobil.

Berikut ini pesan yang mengatasnamakan Bank Indonesia:

"YTH nasabah BANK INDONESIA

Anda resmi terpilih pemenang ke(2) dengan PIN Pemenang:02579120 dari BANK INDONESIAINFO lengkap klik www.program-bi.online".

Di pesan lainnya, ada yang menyebutkan hadiah dalam bentuk mobil. Pesan itu juga menyisipkan sebuah link untuk diklik.

Lalu, benarkah pesan yang mengklaim undian berhadiah dari Bank Indonesia?

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri kebenaran klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi humas Bank Indonesia, Anton pada Kamis (17/12/2020). Dia membantah klaim yang beredar itu.

"Itu hoaks. Link-nya saja bukan dari situs Bank Indonesia," kata Anton.

Selain itu, Cek Fakta Liputan6.com menelusurinya dengan CrowdTangle dengan kata kunci: "Pemenang hadiah Bank Indonesia". Hasil penelusuran mengarahkan ke situs Facebook Bank Indonesia yang sudah terverifikasi.

Dalam unggahannya pada Selasa (16/12/2020), Bank Indonesia memastikan, pesan berisi hadiah uang tunai hingga mobil adalah hoaks.

"Dapat mobil gratis dari Bank Indonesia...?

Siapa sih yang gak mau, bener gak #SobatRupiah?

Tapi ingat, untuk selalu kritis serta cerdas dalam menerima informasi, karena BI tidak pernah mengadakan "Bonus Pembagian Mobil" seperti gambar berikut!

Jadi waspadalah terhadap HOAX‼️

Yuk kritis dan cerdas dalam menerima informasi.

Jadi, jangan pernah ragu untuk Hubungi ☎️ BICARA 131 untuk menghindari penipuan yang mengatasnamakan Bank Indonesia."

 

Dapat mobil gratis dari Bank Indonesia...? 😮 . Siapa sih yang gak mau, bener gak #SobatRupiah? . Tapi ingat, untuk...

Posted by Bank Indonesia on Wednesday, December 16, 2020

Cek Fakta Liputan6.com juga menelusuri situs resmi Bank Indonesia. Dari sana ada banyak artikel dengan judul: "Waspada Penipuan Mengatasnamakan Bank Indonesia". Bahkan, setiap tahunnya, sejak 2015, artikel tersebut selalu ada di situs Bank Indonesia.

Tidak hanya undian berhadiah, perekrutan pegawai baru Bank Indonesia juga kerap menjadi bahan penipuan orang tidak bertanggungjawab.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Undian berhadiah uang tunai hingga mobil mengatasnamakan Bank Indonesia dipastikan hoaks. Bank Indonesia tidak pernah memberikan hadiah seperti dalam klaim.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.