Sukses

Cek Fakta: Cristiano Ronaldo Sakit Mata Gara-Gara Main Game? Simak Faktanya

Dalam tangkapan layar itu, Cristiano Ronaldo memegang obat untuk sakit mata karena sering bermain game.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 15 Desember 2020, seorang pengguna Facebook yang memakai nama Tomi Hidayat Gagal Tenar Jr. mengunggah tangkapan layar dengan sosok Cristiano Ronaldo. Dalam tangkapan layar itu, Cristiano Ronaldo memegang obat untuk sakit mata.

Tomi Hidayat Gagal Tenar Jr. juga mengklaim mata Cristiano Ronaldo sakit karena sering bermain game. Obat sakit mata yang dipegangnya pun sangat familiar bagi orang Indonesia, yakni Insto.

Begini narasi yang ada di tangkapan layar tersebut:

"gara-gara free fayer mata saya jadi sakit bro.

untung saya pakai insto hehe...

#CR7GAMEON #CRYSTALMOOD"

Di tangkapan layar unggahan Tomi Hidayat Gagal Tenar Jr. diklaim kalau Cristiano Ronaldo mengunggah foto tersebut pada 1 Desember 2020 dan mendapat lebih dari 1,2 juta like.

Tangkapan layar yang diunggah Tomi Hidayat Gagal Tenar Jr. menjadi viral karena mendapat 531 respons, 236 komentar, dan 563 dibagikan oleh netizen Facebook lainnya

Lalu, benarkah klaim mata Cristiano Ronaldo sakit gara-gara kebanyakan main game?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri kebenaran klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com memeriksa Facebook pribadi Cristiano Ronaldo. Dari akun tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menemukan foto yang sangat identik.

Namun, dalam foto yang diunggah oleh Cristiano Ronaldo pada 1 Desember 2020, pemain Juventus tersebut tidak memegang obat sakit mata yang familiar di Indonesia. Dalam foto aslinya, dia memegang botol minyak wangi.

Begini narasi dari Cristiano Ronaldo untuk foto tersebut:

"Merasa memesona dengan Gane On CR7

#CR7GAMEON #CRYSTALMOOD"

Perhatikan foto di bawah ini:

 

Merujuk pada artikel di kanal Tekno Liputan6.com, kapten Timnas Portugal ini memang muncul sebagai salah satu karakter di game Free Fire. Penjelasan itu bisa dilihat dalam artikel berjudul: "Karakter Cristiano Ronaldo Akhirnya Hadir di Free Fire".

Dalam game tersebut, nama karakter Ronaldo adalah Chrono. Chrono diceritakan hadir sebagai pahlawan di tengah kondisi Free Fire yang kumuh dan berantakan. Karakter ini dibekali dengan skill yang mampu menghantam sekitarnya.

Karakter Chrono dapat diperoleh secara gratis dengan melakukan top-up sebanyak 100 diamond atau setara dengan Rp 16.000. Adapun periode pengisian diamond untuk mendapatkan Chrono secara gratis dapat dilakukan mulai 16 hingga 25 Desember 2020.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto Cristiano Ronaldo dengan klaim mata Cristiano Ronaldo sakit gara-gara kebanyakan main game adalah salah. Sebab, foto dan narasi tersebut sudah dimanipulasi oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.