Sukses

Cek Fakta: Ini Bukan Video Bocah Papua Lantunkan Ayat Suci Alquran, Simak Buktinya

Sebuah saluran YouTube mengklaim bocah tersebut berasal dari Papua sedang melantunkan ayat suci Alquran dengan merdu.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 7 Desember 2020, pemilik channel YouTube SAF4EVER CHANNEL mengunggah video seorang bocah melantunkan ayat suci Alquran. Dalam video itu, dia mengklaim bocah tersebut berasal dari Papua.

Dalam narasi yang ada di channel YouTube miliknya, SAF4EVER CHANNEL menyebut bocah melantunkan Alquran itu berasal dari Kecamatan Walesi, Kabupaten Wamena, Provinsi Papua.

Sedangkan untuk judul video, dia memberikan narasi sebagai berikut:

"BIKIN MERINDING...ANAK PEDALAMAN PAPUA JAGO BACA AYAT SUCI AL QURAN."

Sejak berada di YouTube, video yang menyebut bocah Papua melantunkan ayat suci Alquran sudah dilihat ratusan kali.

Lalu, benarkah klaim video tersebut merupakan bocah asal Papua yang melantunkan ayat Alquran dengan merdu?

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar dari video unggahan SAF4EVER CHANNEL. Selanjutnya, hasil tangkapan layar ditelusuri menggunakan pencarian gambar terbalik, Yandex.

Hasil penelusuran mengarahkan ke Instagram WaterFall Charity, sebuah badan amal terdaftar di Inggris pada Januari 2011 yang membantu krisis air di India dan Afrika. Dalam akun Instagram mereka, ada video yang identik dengan yang diklaim sebagai bocah Papua melantunkan ayat suci Alquran.

Video itu diunggah WaterFall Charity pada 5 Desember 2020, dua hari sebelum SAF4EVER CHANNEL mengunggahnya di YouTube. Disebutkan dalam Instagram WaterFall Charity, bocah itu berasal dari Pulau Pemba, Tanzania.

WaterFall Charity juga menyebut video ini sudah banyak disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab demi meraup keuntungan pribadi.

Begini narasi yang ada di Instagram WaterFall Charity:

"Salah satu siswa kami di Pulau Pemba menjadi viral melalui @muftimenkofficial

Tolong jangan mengirim uang ke halaman yang disiapkan untuk mendukung anak ini. Sebab, halaman penggalangan dana untuk anak ini tidak terhubung dengan kami."

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Water Fall Charity (@waterfallcharity)

Hasil penelusuran Google Image juga mengarahkan ke Instagram milik cendikiawan muslim asal Zimbabwe, Ismail Ibn Musa Menk atau yang dikenal dengan Mufti Menk. Dia mengunggah video bocah itu di channel Youtube dan Instagram miliknya.

Di saluran miliknya, Musa Menk memastikan kalau bocah itu bukan berasal dari Papua, melainkan dari sebuah desa di Pulau Pemba, Tanzania. Untuk melihat video asli di saluran YouTube Mufti Menk, klik tautan ini.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang mengklaim bocah pedalaman Papua melantunkan ayat suci Alquran adalah informasi yang salah. Faktanya, bocah itu berasal dari Pulau Pemba di Tanzania.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.