Sukses

Cek Fakta: Waspada Akun Twitter Palsu Mencatut Customer Care BNI

Beredar akun Twitter palsu mencatut nama BNI, waspada penipuan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah akun Twitter customer care yang diklaim milik Bank Negara Indonesia (BNI) beredar di media sosial. Akun tersebut adalah @BNICusttgggx.

Dalam profilnya, akun Twitter tersebut diketahui bergabung pada Desember 2020. Foto profilnya akun Twitter @BNICusttgggx menggunakan logo BNI.

Akun Twitter @BNICusttgggx sempat mengunggah konten berisi layanan kepada konsumen jika terjadi keluhan atau masalah perbankan.

"Halo kak, Mohon Maaf atas ketidaknyamannya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kakak hubungi BNI LiveChat WhatsApp klik link di bawah ini

Wa.me/6283143544452

Tjs - jazuli," tulis akun Twitter @BNICusttgggx.

Benarkah akun Twitter @BNICusttgggx dikelola oleh BNI? Berikut penelusurannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri akun Twitter customer care yang diklaim milik Bank Negara Indonesia (BNI).

Penelusuran dilakukan dengan mengunjungi akun Twitter milik Customer Care milik BNI yang telah diverifikasi, yakni @BNICustomerCare.

Dalam salah satu unggahnnya, akun Twitter @BNICustomerCare meminta para konsumen untuk mewaspadai tindakan penipuan mengatasnamakan BNI. Termasuk dari akun media sosial yang mencatut nama BNI.

Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Twitter @BNICustomerCare

"Waspada tindakan penipuan yang mengatasnamakan BNI di Twitter! Akun resmi BNI untuk penyampaian pertanyaan dan keluhan nasabah adalah @BNI dan @BNICustomerCare

Cek tanda biru (verified account) di sebelah username untuk memastikan akun yang kamu kontak adalah resmi," tulis akun Twitter @BNICustomerCare pada 28 April 2019.

Dilansir dari situs resmi BNI, bni.co.id, perusahaan perbankan tersebut punya Channel WhatsApp Business. Layanan tersebut saat ini telah digunakan sebagai sarana penyampaian informasi dan edukasi satu arah ke Nasabah BNI dengan header WA Business BNI. Layanan tersebut bisa diakses di nomor WhatsApp 08115881946.

Gambar Tangkapan Layar dari Situs bni.co.id

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Akun Twitter customer care yang diklaim milik Bank Negara Indonesia (BNI) atas nama @BNICusttgggx ternyata tidak benar. Faktanya, akun Twitter Customer Care resmi milik BNI yakni @BNICustomerCare. Akun Twitter @BNICusttgggx diduga palsu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini