Sukses

Cek Fakta: Foto Awan Ini Tidak Ada Kaitannya dengan Pilkada Jember 2020

Beredar foto awan yang diklaim sebagai tanda kemenangan pasangan calon Bupati Jember nomor urut 2, Hendy Siswanto-Muhammad Balya Firjaun Barlaman. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto awan yang diklaim sebagai tanda kemenangan pasangan calon Bupati Jember nomor urut 2, Hendy Siswanto-Muhammad Balya Firjaun Barlaman beredar di media sosial. Foto ini diunggah oleh akun Facebook Yadikhayudhaz Idayas pada 11 Desember 2020.

Dalam foto tersebut, tampak awan berbentuk seperti tangan manusia dengan ibu jari dan telunjuk mengangkat ke atas.

Terdapat juga sebuah narasi di dalam foto tersebut. Berikut isinya:

"TU LIAT ALAM SAJA UDA BILANG KENAPA KITA MASIH RAGU., YA ALLAHHHH......"

Foto awan tersebut kemudian dikaitkan dengan pertanda kemenangan pasangan calon Bupati Jember nomor urut 2, Hendy Siswanto-Muhammad Balya Firjaun Barlaman.

"Alam aja sudah beri tanda kemenangan," tulis akun Facebook Yadikhayudhaz Idayas.

Konten yang disebarkan akun Facebook Yadikhayudhaz Idayas telah 1 kali dibagikan dan mendapat 17 komentar warganet.

Benarkah foto awan tersebut merupakan pertanda alam kemenangan pasangan calon Bupati Jember nomor urut 2, Hendy Siswanto-Muhammad Balya Firjaun Barlaman? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto awan yang diklaim sebagai tanda kemenangan pasangan calon Bupati Jember nomor urut 2, Hendy Siswanto-Muhammad Balya Firjaun Barlaman. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs pencari Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat gambar serupa yang dimuat beberapa akun media sosial. Satu di antaranya dimuat oleh akun Twitter @Andan pada 25 Desember 2018 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Foto dari Akun Twitter @Andan

Namun foto awan tersebut tidak terdapat narasi seperti yang diunggah akun Facebook Yadikhayudhaz Idayas.

Dalam unggahannya, akun Twitter @Andan memberikan keterangan foto sebagai berikut.

"Awan di langit memberi Isyarat kpada kita. Dua jari dlam Dua bentuk ...!," tulis akun Twitter @Andan.

Liputan6.com juga menemukan foto serupa yang diunggah oleh akun Twitter @cowboyvoice pada 18 Agustus 2014 silam. Akun Twitter @cowboyvoice juga menambahkan narasi di unggahannya itu.

Gambar Tangkapan Layar Foto dari Akun Twitter @cowboyvoice

"Good sign from the football God's in clouds over Stillwater! #gopokes #iridewiththecowboys Let's do this! @CowboyFB," tulis akun Twitter @cowboyvoice.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto awan yang diklaim sebagai tanda kemenangan pasangan calon Bupati Jember nomor urut 2, Hendy Siswanto-Muhammad Balya Firjaun Barlaman ternyata tidak benar.

Faktanya, foto awan tersebut sudah beredar sejak 2014 lalu dan tidak ada kaitannya dengan Pilkada Jember 2020. Foto yang disebarkan akun Facebook Yadikhayudhaz Idayas masuk kategori palsu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini