Sukses

Ragam Hoaks Covid-19: Vaksin Bikin Mandul hingga Minyak Kayu Putih Lancarkan Napas Pasien

Ragam informasi palsu atau hoaks soal penyakit virus corona covid-19 juga semakin banyak ditemui di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona covid-19 belum mereda di Indonesia. Bakhkan, ragam informasi palsu atau hoaks soal penyakit ini juga semakin banyak ditemui di media sosial.

Berikut ini, Cek Fakta Liputan6.com akan memaparkan ragam hoaks soal virus corona covid-19 yang beredar di ruang digital pada pekan ini:

1. Klaim Vaksin Covid-19 Bikin Wanita Mandul

Di Twitter, muncul isu kalau vaksin virus corona covid-19 punya dampak buruk untuk wanita. Disebutkan vaksin covid-19 bisa membuat wanita menjadi mandul.

Salah satu akun Twitter yang mengklaim vaksin covid-19 bisa menyebabkan wanita mandul adalah @FineTunedFoto. Dia mengunggah klaim tersebut pada 8 Desember 2020.

Begini narasinya:

"Head of Pfizer Research: Covid Vaccine is Female Sterilization".

Akun itu juga mengunggah foto sebuah artikel dengan narasi sebagai berikut:

"Ketua Tim Peneliti Pfizer: Vaksin Covid-19 Dapat Menyebabkan Kemandulan bagi Perempuan

Vaksin tersebut mengandung protein Spike yang disebut sebagai syncytin-1, dan berperan penting dalam pembentukan plasenta bagi perempuan.

Jika vaksin ditujukan untuk memperkuat sistem daya tahan tubuh manusia terhadap protein Spike, maka vaksin covid-19 juga akan mempengaruhi sistem daya tahan tubuh perempuan untuk menyerang syncytin-1, yang akan menyebabkan kemandulan bagi perempuan dalam jangka waktu yang tidak dapat ditentukan."

Baca selengkapnya di sini.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Klaim Pendaftaran Relawan Tenaga Kesehatan Covid-19 Melalui Dokter Irna

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pendaftaran relawan tenaga kesehatan untuk pasien Covid-19 melalui Dokter Irna.

Informasi pendaftaran relawan tenaga kesehatan untuk pasien Covid-19 melalui Dokter Irna beredar melalui aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasinya:

"Yth Bapak/Ibu,Mohon ijin...🙏🙏🙏Bisakah mencarikan volunteer tenaga kesehatan untuk merawat pasien covid 19 di wisma atlit jakarta yg akan dibuka senin ini? Apabila ada bisa hubungi saya... terimakasih...

Dr. Irna+6281212729543Kemenkes

(Batas usia 40 thn maksimal)

Gaji Rp.6,3 juta dapet mes

Ini link pendaftarannya👇http://tiny.cc/Volunteer_COVID19

Teman2 mhn bantuannya share ini ya.. saat ini yg mendaftar masih 140an org. Sementara kebutuhannya 800 org. Terima kasih. 🙏🏻🙏🏻"

Baca selengkapnya di sini.

 

3 dari 5 halaman

3. Klaim Video 1 RT di Ciracas Dievakuasi ke Wisma Atlet karena Covid-19

Sebuah video yang diklaim warga 1 RT di Ciracas, Jakarta Timur dievakuasi ke Wisma Atlet karena positif virus corona Covid-19 beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook BISA VIRAL pada 12 Desember 2020.

Dalam video tersebut beberapa warga mengantre masuk ke dalam bus berwarna kuning. Mereka tampak membawa koper dan tas.

Terdapat suara seseorang dalam video itu. Dia menyebut bahwa saat ini tengah dilakukan persiapan mengangkut warga Ciracas ke Wisma Atlet, Kamayoran, Jakarta Pusat.

"Persiapan evakuasi dari puskesmas Ciracas 72 orang, ke Wisma Atlet, Tower 6, 7, 8, ada balita. Semoga lekas sembuh ya," kata orang tersebut.

Akun Facebook BISA VIRAL kemudian mengaitkan video tersebut dengan warga 1 RT di Ciracas, Jakarta Timur dievakuasi ke Wisma Atlet karena positif virus corona Covid-19.

"1 RT di Ciracas jkt timur kena covid dan di evakuasi ke wisma atlet..😢😢," tulis akun Facebook BISA VIRAL.

Baca selengkapnya di sini.

 

4 dari 5 halaman

4. Klaim Minum Minyak Kayu Putih Melancarkan Napas Pasien Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim meminum minyak kayu putih bisa melancarkan napas pasien Covid-19.

Klaim meminum minyak kayu putih bisa melancarkan napas pasien Covid-19 diunggah akun Twitter @Simplemiska, pada 2 Desember 2020.

Berikut unggahan tersebut:

"Buat kluargakuTETAP WASPADA YAHTmn positif covid..kluar lendir dr hidung smp bercampur darah..nafas sesak…stlh minum minyak kayu putih..baru berasa enakan jalan nafasnya…INGAT!! COVID itu ada yah…bukan ANTARA ADA DAN TIADA"

Baca selengkapnya di sini.

 

5 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.