Sukses

Cek Fakta: Viral, Foto Bek Arsenal Dicatut sebagai Pengawal Pribadi Aktivis Thailand

Foto viral itu menyorot orang yang disebut-sebut pengawal pribadi aktivis Thailand, Parit 'Penguin' Chiwarak.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto sedang viral dan mendapat banyak tanggapan dari warga Facebook. Foto itu menyorot orang yang disebut-sebut pengawal pribadi aktivis Thailand, Parit 'Penguin' Chiwarak.

Beberapa netizen yang mengunggah foto viral ini menampilkan dua foto. Foto pertama ada dua pria berbaju balaclavas hitam yang berdiri di belakang Chirawak. Foto kedua memperlihatkan close-up dari salah satu pria tersebut.

Disebutkan oleh netizen, orang yang menggunakan masker dan wajahnya di close-up adalah Letnan Hector Beres. Begini narasinya:

"Letnan Hector Beres ini adalah mantan letnan Lebanon. Dia telah melalui banyak kesulitan dalam hidupnya. Amerika Serikat membelinya untuk berperang dalam perang melawan Irak. Dia memiliki keterampilan menembak yang tepat, dan membunuh banyak orang dalam serangan teroris. Setelah perang Irak, dia menjadi pengawal pribadi George Soros selama bertahun-tahun.

Karena Thailand telah beberapa kali terjadi protes, Thaksin (Shinawatra, Perdana Menteri Thailand) membelinya untuk menjadi penjaga pribadi Penguin, dengan saudaranya. Sistem keamanan Thailand harus ketat, harus menyelidiki apa yang sebenarnya dilakukan orang asing ini di Thailand."

Sejak berada di ruang digital, unggahan itu mendapat 588 respons, 288 komentar, hingga dibagikan 11 kali oleh warga Facebook lainnya.

Lalu, benarkah foto viral dengan wajah close-up merupakan sosok dari Letnan Hector Beres?

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menggunakan pencarian gambar terbalik, Google Image. Tim memasukkan foto close-up yang disebut Letnan Hector Beres ke Google Image.

Hasil penelusuran Google Image menunjukkan ada banyak media luar negeri yang menggunakan foto ini. Salah satunya adalah media asal Inggris, Express, dalam artikel yang dipublikasikan pada 1 Agustus 2020 dengan judul: "Arsenal fans 'nervous' about Mikel Arteta selection decision for Chelsea FA Cup final".

Foto yang diklaim sebagai Letnan Hector Beres ternyata bek Arsenal asal Spanyol, Hector Bellerin. Dalam artikel di Express, foto ini dimiliki oleh Getty Images.

Hasil penelusuran Google Image juga mengarahkan ke situs AFP Fact Check dengan artikel berjudul: "Photo of an Arsenal football player is used to falsely claim foreign interference in Thai pro-democracy protests". Artikel ini dipublikasikan pada 11 Desember 2020.

Dalam artikelnya, AFP Fact Check menyebut foto itu milik Getty Images yang menggambarkan persiapan bek Arsenal, Hector Bellerin jelang pertandingan final Piala FA antara Arsenal melawan Chelsea di Stadion Wembley pada 1 Agustus 2020.

Perhatikan foto di bawah ini:

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut foto close-up Letnan Hector Beres sebagai pengawal pribadi aktivis Thailand, Parit "Penguin" Chiwarak adalah informasi yang salah.

Faktanya, foto close-up itu merupakan sosok bek Arsenal, Hector Bellerin.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.