Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Sepasang Robot Buatan China Menari di Shanghai Disneyland

Diklaim robot itu buatan China yang menyerupai pria dan wanita sedang menari di Shanghai Disneyland.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial, Facebook, dihebohkan dengan sebuah video yang diklaim sepasang robot sedang menari. Diklaim robot itu buatan China yang menyerupai pria dan wanita sedang menari di Shanghai Disneyland.

Salah satu akun Facebook yang mengunggah video klaim sepasang robot buatan China menari di Shanghai Disneyland adalah Mercy Ingaro. Begini narasi yang dia buat untuk unggahan video tersebut:

"Tarian klasik ini diciptakan di China dan disiarkan di Shanghai Disneyland.

Mereka bukan penari, tapi robot buatan China!

Waktu pertunjukan hanya sekitar 5 menit, tetapi waktu untuk antre membeli tiket adalah 4 jam dan harga tiketnya 499 yuan.

Kedua penari tersebut adalah robot. Mereka terlihat begitu nyata sehingga tidak dapat dibedakan dari manusia!"

Lalu, benarkah itu video sepasang robot buatan China menari di Shanghai Disneyland?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar dari video unggahan Mercy Ingaro. Hasil penelusuran mengarahkan ke saluran YouTube milik BBC yang diunggah pada 8 Desember 2013.

Video itu berjudul: "Abbey Clancy & Aljaz dance the Viennesse Waltz to 'Delilah' - Strictly Come Dancing - BBC One". Video itu sudah dilihat lebih dari 1 juta kali oleh pengunjung YouTube. 

Dalam keterangan di YouTube, BBC menyebut video tersebut merupakan bagian dari acara pencarian bakat televisi di Inggris. Untuk melihat videonya, klik tautan ini.

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs AFP Fact Check dengan judul: "This video shows dancers on a UK television talent show". Artikel itu dipublikasikan pada 11 Desember 2020.

Disebutkan oleh AFP Fact Check, orang yang menari dalam video tersebut adalah Abbey Clancy dan Aljaz Skorjanec. Abbey Clancy adalah seorang model dan presenter TV Inggris. Wanita berambut pirang ini juga istri dari mantan striker Timnas Inggris 2005-2010, Peter Crouch.

Sedangkan Aljaz Skorjanec merupakan seorang penari profesional dari Slovenia. Dalam video tersebut, Abbey Clancy dan Aljaz Skorjanec menampilkan sebuah tarian di depan Tom Jones, salah satu juri dalam acara pencarian bakat di Inggris.

Perhatikan tangkapan layar di bawah ini:

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut robot buatan China menari di Shanghai Disneyland adalah informasi yang salah. Sebab, dua sosok yang disebut robot itu adalah manusia.

Faktanya, dua orang yang menari itu adalah Abbey Clancy dan Aljaz Skorjanec. Abbey Clancy merupakan istri dari mantan striker Timnas Inggris, Peter Crouch.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.