Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pemkab Jepara Bakal Adakan Sidak Masker

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan kabar sidak masker yang akan diadakan oleh Pemkab Jepara

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan kabar sidak masker yang akan diadakan oleh Pemkab Jepara. Kabar ini sudah dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun yang membagikannya adalah bernama OlalarezA Inginselalubahagia. Dia mengunggahnya di Facebook pada 3 Desember 2020.

Berikut isi postingannya:

"Pemberitahuan

Kepada seluruh masyarakat di wilayah kab Jepara, bahwa mulai hari ini tg 1 sampai 31 Desember 2020 akan dijaga ketat sepanjang jalan sidak masker dari kab : Satpol PP, Polri, TNI, Kesehatan, Diperindak BPBD, Kec, Desa, bhw tdk pake masker mulai hari ini dirapid tes atau diSwab di tempat. Tolong ini di share ke yang lain. Terima kasih."

Lalu benarkah Pemkab Jepara bakal mengadakan sidak masker dan bakal ada rapid tes dan swab ditempat?

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta

Cek Fakta menelusuri fakta dengan mengunjungi akun resmi Pemkab Jepara di Twitter, @jeparakabgoid. Di sana terdapat postingan yang diunggah pada 2 Desember 2020.

Postingan tersebut terdapat klarifikasi dari dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara.

"Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara menegaskan tidak pernah menerbitkan informasi seperti di atas. Tetapi masyarakat tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan."

Selain itu dalam postingannya terdapat narasi, "Waspada Hoaks kangmas mbakyu. Cukup di kamu, jangan di bagikan. Selalu cek kebenarannya terlebih dahulu, ya. #hoakscovid19"

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang menyebut Pemkab Jepara akan mengadakan sidak masker dan bakal dirapid tes atau diswab ditempat adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.