Simak 6 Informasi Hoaks Seputar Menteri, dari Mahfud MD hingga Prabowo

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 08 Des 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 08 Des 2020, 09:00 WIB
Ilustrasi Hoaks Hoax
Perbesar
Berikut 6 informasi hoaks terkait menteri hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta- Menteri merupakan salah satu pejabat negara yang kerap menjadi objek dalam informasi hoaks, hal ini tentu sangat merugikan dan menyesatkan  penerima informasi tersebut.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi terkait menteri, hasil penelusuran sebagian informasi tersebut adalah hoaks.

Berikut 6 informasi hoaks terkait menteri hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Foto Jokowi dan Prabowo Datangi Rumah Rizieq Shihab di Arab Saudi

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Jokowi dan Prabowo datangi rumah Rizieq Shihab di Arab Saudi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto datangi rumah Rizieq Shihab di Arab Saudi.

Foto yang diunggah menampilkan Jokowi dan Prabowo sedang berdiri di depan sebuah rumah dengan dinding bata coklat dan pintu hijau. Masih dalam foto tersebut, di antara tembok dan pintu hijau terlihat wajah Rizieq Shihab.

Dalam foto tersebut terdapat tulisan "Cucu Rosul dari Mana? di Arab Saja Tinggal di Kontrakan."

Benarkah foto Jokowi dan Prabowo datangi rumah Rizieq Shihab di Arab Saudi? .

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Jokowi dan Prabowo datangi rumah Rizieq Shihab di Arab Saudi tidak benar.

Faktanya foto Jokowi dan Prabowo tersebut sedang berada di  Bandar Udara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Foto itu telah diubah latar belakangnya menjadi rumah Rizieq Shihab di Arab Saudi.

 

2. WHO Anggap Menkes Terawan Berhasil Tangani Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com mendapat informasi WHO menganggap Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berhasil menangani Covid-19 di Indonesia yang beredar di media sosial.

Unggahan tersebut berupa keterangan sebagai berikut:

"𝘿𝙐𝙇𝙐 𝘿𝙄𝙃𝙄𝙉𝘼 𝘿𝙄 𝙈𝘼𝙏𝘼 𝙉𝘼𝙅𝙒𝘼, 𝙎𝙀𝙆𝘼𝙍𝘼𝙉𝙂 𝙋𝙍𝙀𝙎𝙏𝘼𝙎𝙄𝙉𝙔𝘼 𝘿𝙄𝘼𝙆𝙐𝙄 𝘿𝙐𝙉𝙄𝘼.

Menteri Terawan dianggap berhasil oleh WHO dalam menangani COVID-19 di Indonesia.

Adalah Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) yang mengundang Menkes Terawan untuk berbagi pengalamannya dalam menangani Covid-19.

Konferensi pers sendiri akan berlangsung secara virtual pada Jumat 6 November 2020, pukul 11.00 waktu Eropa.

Dalam konferensi pers tersebut, Menkes Terawan akan bersama tiga menteri kesehatan dari negara lain, dan Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

𝙄𝙣𝙜𝙖𝙩 𝙥𝙖𝙠 𝙢𝙚𝙣𝙩𝙚𝙧𝙞 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙨𝙖𝙩𝙪 𝙞𝙣𝙞, 𝙟𝙖𝙧𝙖𝙣𝙜 𝙠𝙚𝙡𝙪𝙖𝙧 𝙙𝙞 𝙢𝙚𝙙𝙞𝙖 𝙠𝙖𝙧𝙚𝙣𝙖 𝙡𝙚𝙗𝙞𝙝 𝙨𝙪𝙠𝙖 𝙗𝙚𝙠𝙚𝙧𝙟𝙖 𝙙𝙖𝙣 𝙢𝙚𝙣𝙤𝙡𝙖𝙠 𝙨𝙖𝙖𝙩 𝙙𝙞𝙪𝙣𝙙𝙖𝙣𝙜 𝙬𝙖𝙬𝙖𝙣𝙘𝙖𝙧𝙖 𝙙𝙞 𝙖𝙘𝙖𝙧𝙖 𝙈𝙖𝙩𝙖 𝙉𝙖𝙟𝙬𝙖, 𝙠𝙚𝙢𝙪𝙙𝙞𝙖𝙣 𝙙𝙞𝙡𝙚𝙘𝙚𝙝𝙠𝙖𝙣 𝙙𝙚𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙬𝙖𝙬𝙖𝙣𝙘𝙖𝙧𝙖 𝙠𝙪𝙧𝙨𝙞 𝙠𝙤𝙨𝙤𝙣𝙜 𝙖𝙡𝙖 𝙉𝙖𝙟𝙬𝙖

𝙿𝚎𝚕𝚊𝚗 𝚝𝚊𝚙𝚒 𝚙𝚊𝚜𝚝𝚒, 𝚔𝚎𝚛𝚓𝚊 𝚋𝚎𝚕𝚒𝚊𝚞 𝚋𝚎𝚛𝚑𝚊𝚜𝚒𝚕 𝚍𝚊𝚗 𝚍𝚒𝚊𝚔𝚞𝚒 𝚘𝚕𝚎𝚑 𝚆𝙷𝙾, 𝚋𝚞𝚔𝚝𝚒 𝚒𝚗𝚒 𝚜𝚞𝚍𝚊𝚑 𝚌𝚞𝚔𝚞𝚙 𝚞𝚗𝚝𝚞𝚔 𝚖𝚎𝚖𝚋𝚞𝚗𝚐𝚔𝚊𝚖 𝚔𝚎𝚜𝚘𝚖𝚋𝚘𝚗𝚐𝚊𝚗 𝚜𝚎𝚘𝚛𝚊𝚗𝚐 𝙽𝚊𝚓𝚠𝚊 𝚂𝚒𝚑𝚊𝚋, 𝚙𝚛𝚎𝚜𝚎𝚗𝚝𝚎𝚛 𝚊𝚛𝚘𝚐𝚊𝚗 𝚢𝚊𝚗𝚐 𝚔𝚎𝚌𝚎𝚛𝚍𝚊𝚜𝚊𝚗𝚗𝚢𝚊 𝚝𝚎𝚛𝚗𝚢𝚊𝚝𝚊 𝚓𝚊𝚞𝚑 𝚍𝚊𝚛𝚒 𝚎𝚔𝚜𝚙𝚎𝚔𝚝𝚊𝚜𝚒 𝚔𝚒𝚝𝚊."

Benarkah WHO menganggap Menteri Terawan berhasil menangani Covid-19 di Indonesia? 

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi WHO menganggap Menteri Terawan berhasil menangani Covid-19 di Indonesia tidak benar.

Informasi tersebut salah penafsiran, keberhasilan yang dimaksud WHO spesifik merujuk ke program IAR COVID-19 nasional dan menerapakan pelajaran kritis yang diidentifikasi selama IAR untuk peningkatan respons penyebaran COVID-19, bukan pada penanganan Covid-19 di Indonesia.

 

3. Foto Mahfud MD Berambut Merah

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Mahfud MD berambut merah

Cek Fakta Liputan6.com. mendapati klaim foto Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berambut merah beredar di media sosial.

Foto yang diungga menampilkan seorang berwajah Mahfud Md dengan rambut panjang lusur berwarna merah, mengenakan kaous hitam dan penutup kepala.

Unggahan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Dasar netijen.+62..

Please welcome Duff mcfudd

Pada bass...😆😆"

Benarkah foto Mahfud Md berambut merah?

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto Mahfud Md berambut merah tidak benar.

Sosok berambut merah sebenarnya dalam foto tersebut adalah Axl Rose. Foto tersebut telah mengalami editan pad bagian wajah yang diganti dengan wajah Mahfud MD.

 

4. Menko Luhut Dirawat di Belgia

Kabar tentang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sakit dan dirawat di Belgia beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan oleh akun Twitter @ruliemaulana pada 17 November 2020 lalu.

Akun Twitter @ruliemaulana mengunggah narasi berisi informasi mengenai kondisi kesehatan Luhut yang tengah sakit dan dirawat di Belgia.

"Pagi-pagi lagi lagi semangat sama rencana PLTN Indonesia malah denger cerita pak Luhut nya dirawat di Belgia.

Duh. Mudah-mudahan segera pulih...," tulis akun Twitter @ruliemaulana.

Benarkah kabar Menteri koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sakit dan dirawat di Belgia? 

Kabar tentang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sakit dan dirawat di Belgia ternyata tidak benar.

Saat beredarnya kabar tersebut, Luhut justru tengah melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Konten yang disebarkan akun Twitter @ruliemaulana masuk dalam kategori palsu.

 

5. Jokowi Angkat Susi Pudjiastuti Menggantikan Edhy Prabowo

Kabar tentang Presiden Jokowi mengangkat Susi Pudjiastuti menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Dwi Bambang Irianto pada 30 November 2020.

Akun Facebook Dwi Bambang Irianto mengunggah gambar Presiden Jokowi yang tengah duduk di kursi sambil berbincang dengan Susi Pudjiastuti.

Gambar Tangkapan Layar Kabar Jokowi Mengangkat Susi Pudjiastuti Menggantikan Edhy Prabowo. (sumber: Facebook)

Dalam gambar tersebut terdapat narasi sebagai berikut:

"JOKOWI ANGKAT IBU SUSI PECAT MENTERI EDHY PRABOWO"

"Presiden Jokowi didesak kembali angkat Susi Pudjiastuti kembali jadi Menteri Kelautan dan Perikanan atau Menteri KKP. Sebab Menteri KKP Edhy Prabowo ditangkap KPK. Nah bagaimana menurut kalian ?," tulis akun Facebook Dwi Bambang Irianto.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, kabar tentang Presiden Jokowi mengangkat Susi Pudjiastuti menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan ternyata tidak benar.

Faktanya, Jokowi menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pengganti Edhy sebagai Menteri Keluatan dan Perikanan. Konten yang disebarkan akun Facebook Dwi Bambang Irianto masuk kategori palsu.

 

6. Kabar Jokowi Pecat Menko Polhukam Mahfud MD pada 22 November 2020

 Kabar tentang Presiden Jokowi memecat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Puri A Wahid pada 22 November 2020.

Akun Facebook Puri A Wahid mengunggah gambar berisi Jokowi yang tengah berpidato dan Mahfud MD yang duduk di kursi.

Terdapat juga narasi dalam gambar tersebut. Berikut isinya:

"PECAT BAHIB MAHFUD MD

JOKOWI TAK RUGI PECAT HABIB MAHFUD MD, SEPERTI INI AKHIRNYA YANG TERJADI DI ISTANA

"BERITA TERBARU HARI INI ~ JOKOWI COPOT MAHFUD MD

Wow😱," tulis akun Facebook Puri A Wahid.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, Kabar tentang Presiden Jokowi memecat Mahfud MD dari kursi Menko Polhukam pada 22 November 2020 ternyata tidak benar.

Hingga kini, Mahfud MD masih dipercaya Jokowi sebagai Menko Polhukam. Konten yang disebarkan akun Facebook Puri A Wahid masuk kategori palsu.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam  cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓