Sukses

Cek Fakta: Ini Bukan Foto Eks Presiden Korea Selatan Meringkuk di Penjara, Simak Buktinya

Foto itu diklaim sebagai mantan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, yang terlihat sedang meringkuk di penjara atau hotel prodeo.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto dibagikan ratusan kali oleh warga Facebook. Foto itu diklaim sebagai mantan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, yang terlihat sedang meringkuk di penjara atau hotel prodeo.

Salah satu warganet yang menggunggah foto dengan klaim eks Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye meringkuk di penjara adalah Hye Joo Choi. Dia mengunggah foto itu pada 28 November 2020.

Begini narasinya bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia:

"Ini adalah Presiden Park Geun-hye, yang kalian semua telah khianati.

Apakah menurutmu kamar ini semewah kamar tidur seorang kaisar?

Seberapa dingin pria berusia 66 tahun pergi tidur hanya dengan pakaian dan kaus kaki?

Dia masih presiden negara ini."

Lalu benarkah foto tersebut merupakan eks Presiden Korea Selatan, Park Geung-hye?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menelusinya dengan pencarian gambar terbalik, Google Image. Hasil penelusuran mengarahkan ke sebuah artikel majalah film Korea Selatan di situs cine21.com.

Artikel itu sudah berada di ruang digital sejak 4 Juni 2009. Artikel itu berjudul: "<마더>의 홍경표 촬영감독에게 직접 듣는 포토 코멘터리".

Isi artikel itu merupakan petikan wawancara dengan sinematografer Korea Selatan, Hong Kyung-pyo, yang merupakan sutradara untuk film: 'Mother', yang dirilis tahun 2009.

Dalam artikel tersebut, juga ada foto yang diklaim sebagai eks Presiden Korea Selatan, Park Geung-hye meringkuk di penjara. Aslinya, pria yang meringkuk dalam foto itu adalah aktor Korea Selatan, Won Bin, yang memerankan tokoh Do-joon dalam film 'Mother'.

Hasil penelusuran Google Image juga mengarahkan ke situs AFP Fact Check dengan artikel berjudul: "This photo actually shows a scene from a South Korean movie by Bong Joon-ho". Artikel itu dipublikasikan pada 4 Desember 2020.

Dalam artikelnya, AFP Fact Check juga menyebut klaim yang menyebut eks Presiden Korea Selatan meringkuk di penjara adalah informasi yang salah. Sosok pria yang ada di foto itu adalah aktor Korea Selatan, Won Bin dalam film 'Mother' yang rilis pada 2009.

Perhatikan foto di bawah ini:

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim foto eks Presiden Korea Selatan meringkuk di penjara adalah salah karena caption tidak sesuai dengan aslinya.

Faktanya, itu merupakan sebuah adegan dalam film Mother yang dirilis pada 2009. Sosok pria yang berada di foto adalah aktor Korea Selatan, Won Bin.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.