Cek Fakta: Ini Bukan Tsunami yang Terjadi di Pakistan pada 2 Desember 2020, Simak Buktinya

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 04 Des 2020, 19:00 WIB
Diperbarui 04 Des 2020, 19:00 WIB
Klaim video tsunami di Pakistan
Perbesar
Klaim video tsunami di Pakistan. (Facebook/UClips)

Liputan6.com, Jakarta - Beredar sebuah video yang mengklaim telah terjadi tsunami di Pakistan pada 2 Desember 2020. Klaim soal tsunami di Pakistan ini diunggah oleh akun Facebook atas nama UClips.

Dalam video tsunami berdurasi 3 menit dan 26 detik tersebut, air laut terlihat menyeret puluhan mobil yang diklaim berada di Pakistan , sebuah negara yang berdekatan dengan Laut Arab dan Teluk Oman.

Begini narasi yang ada di video unggahan UClips:

"Karachi Pakistan Hari Ini"

Sejak diunggah di Facebook, video itu sudah dilihat ratusan kali oleh warga Facebook lainnya. Tak hanya itu, video dengan klaim tsunami di Pakistan sudah mendapat puluhan komentar.

Lalu, benarkah klaim tersebut?

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menelusurinya menggunakan pencarian gambar terbalik, Google Image. Hasil penelusuran mengarahkan ke situs berbagi video, Youtube.

Ada banyak video yang identik dengan unggahan UClips, salah satunya channel YouTube, John9612. Dia mengunggah video itu di YouTube pada 30 April 2012 dengan narasi tsunami di Jepang pada 2011.

Sejak berada di situs YouTube, video unggahan John9612, yang menybeut tsunami di Jepang pada 2011, sudah disaksikan lebih dari 717 ribu kali.

Perhatikan tangkapan layar di bawah ini:

 

Perbandingan7
Perbesar
Tangkapan layar dari video yang diklaim sebagai tsunami di Pakistan (kiri) dan tangkapan layar dari video tsunami di Jepang pada 2011 (kanan).

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs Live Science dalam artikel berjudul: "Japan Earthquake & Tsunami of 2011: Facts and Information". Disebutkan dalam artikel tersebut, gempa bumi berkekuatan 9SR mengguncang timur laut Jepang yang menimbulkan tsunami pada 11 Maret 2011.

Efek gempa bumi itu dirasakan di seluruh dunia, dari Norwegia hingga lapisan es Antartika. Puing-puing tsunami yang terjadi di Jepang tersapu hingga pantai Amerika Utara, beberapa tahun kemudian.

Tercatat, ada 150 ribu orang di Jepang yang kehilangan rumah, 50 ribu di antaranya masih tinggal di perumahan sementara hingga Februari 2017. Kerusakan finansial akibat gempa dan tsunami itu diperkirakan mencapai 199 miliar dolar Amerika Serikat.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Video yang mengklaim terjadi tsunami di Pakistan pada 2 Desember 2020 adalah salah. Faktanya, video itu merupakan kejadian tsunami yang berada di Jepang pada 2011.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓