Sukses

Cek Fakta: Ini Bukan Video Aksi Begal Payudara, Simak Buktinya

Sebuah video diklaim sebagai aksi begal payudara yang terjadi di sebuah jalan raya. Pelaku pembegalan juga terlihat dalam video diamuk massa.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video diklaim sebagai aksi begal payudara yang terjadi di sebuah jalan raya. Pelaku pembegalan juga terlihat dalam video diamuk massa.

Ada dua pengguna Facebook yang mengunggah klaim video begal payudara, yakni Little Angel dan Aneka Peristiwa. Bahkan, keduanya menggunakan narasi yang sangat mirip untuk video tersebut.

Begini narasinya:

"Begal Payudara di hajar massa..."

Akun Little Angel mengunggah video tersebut pada 5 September 2020. Video itu menjadi viral karena sudah dilihat sebanyak 11 ribu kali dan mendapat 72 respons dari pengguna Facebook lainnya.

Lalu, benarkah video yang diklaim sebagai aksi pembegalan payudara?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim itu benar atau tidak, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar dari unggahan Little Angel. Kemudian, tangkapan layar itu ditelusuri menggunakan pencarian gambar terbalik, Google Images dan Yandex.

Hasil penelusuran mengarahkan ke situs berbahasa Vietnam, IENTHUC dengan artikel berjudul: "Video: Cướp dây chuyền bị rượt đánh nhừ tử dù rút kim tiêm chống trả". Artikel itu dipublikasikan pada 3 September 2020.

Disebutkan dalam artikel tersebut, video yang diklaim sebagai aksi begal payudara merupakan perampokan yang terjadi di Provinsi Binh Duong, Vietnam pada 2 September 2020 pukul 16.47 waktu setempat.

Dalam rekaman CCTV, seorang gadis sedang mengendarai sepeda listrik dipepet seorang pemuda yang menggunakan motor. Kemudian, pemuda itu merampas kalung yang berada di leher sang gadis.

Namun tanpa diduga, gadis muda itu memberikan perlawanan dengan menarik bagian belakang motor. Di saat bersamaan, pengguna vespa menendang perampok hingga jatuh di jalan. Melihat kejadian dan teriakan dari korban, warga sekitar langsung menangkap dan menyerahkan perampok tersebut ke polisi.

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs berbahasa Vietnam lainnya, Yeah! dengan artikel berjudul: "Bình Dương: Đối tượng nguy hiểm giật dây chuyền, dùng kim tiêm chống trả khi bị bao vây".

Dalam artikel yang dipublikasikan pada 3 September 2020 itu, Yeah! juga memperlihatkan foto-foto kejadian seorang gadis dirampok di sebuah jalan.

Gadis yang berada di video itu bernama, Vo Van Hieu, 29 tahun yang tinggal di bangsal Tan An, Kota Di An, Binh Duong.

Perhatikan tangkapan layar dari video yang diklaim dengan kejadian sebenarnya:

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim video aksi begal payudara merupakan informasi yang salah. Sebab, video itu merupakan aksi perampokan kalung yang terjadi di Binh Duong, Vietnam.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.