Sukses

Ragam Hoaks Seputar Kematian Legenda Argentina Diego Maradona

Diego Maradona meninggal karena henti jantung di usia 60 tahun. Dia meninggal pada 25 November 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona meninggal dunia pada 25 November 2020 di Tigre. Diego Maradona meninggal karena henti jantung di usia 60 tahun.

Sejak meninggal dunia, ada banyak informasi palsu alias hoaks diseputar Diego Maradona. Berikut ini Cek Fakta Liputan6.com merangkum hoaks seputar kematian pemenang Piala Dunia 1986 itu.

1. Pele Menangis di Makan Maradona

Media sosial dibuat terenyuh dengan sebuah foto yang menggambarkan legenda sepak bola Brasil, Pele. Dalam foto itu, Pele diklaim menangis di makam legenda Argentina, Diego Maradona.

Di dalam foto tersebut, Pele menggunakan pakaian serba hitam. Sambil memegang bunga, Pele menangis di depan makam dengan nisan bertuliskan Diego Maradona.

Namun setelah ditelusuri, foto yang menyebut Pele menangis di makam Diego Maradona adalah hoaks karena foto itu merupakan hasil suntingan.

Satu-satunya ucapan duka cita Pele atas meninggalnya Maradona tertuang di akun Twitter pribadi.

Baca selengkapnya di sini. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Klaim Kondisi Terakhir Diego Maradona Sebelum Meninggal Dunia

Seorang pengguna Facebook, Raheem Khan Kunnappally mengunggah sebuah video yang diklaimnya sebagai sosok legenda sepak bola asal Argentina, Diego Maradona. Raheem Khan menyebut eks pemain Napoli ini memiliki tubuh yang sangat gendut sebelum Diego Maradona meninggal dunia.

Dalam unggahan video Raheem Khan di Facebook pada Kamis (26/11/2020), Diego Maradona terlihat menendang-nendang bola tenis dengan sangat tinggi. Lalu, setelah itu legenda sepak bola yang meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020), terlihat kelelahan.

Setelah dilakukan penelusuran, video yang mengkalim Maradona bertubuh gendut menendang bola tenis sebelum meninggal dunia adalah salah.

Faktanya, video itu merupakan cuplikan film Youth yang rilis di tahun 2015. Video itu memang menggambarkan Diego Maradona, yang diperankan oleh aktor asal Argentina, Roly Serrano.

Baca selengkapnya di sini.

 

3 dari 4 halaman

3. Hoaks Donald Trump Bikin Cuitan Twitter soal Meninggalnya Maradona

Beredar di media sosial cuitan Presiden AS Donald Trump setelah Diego Maradona meninggal dunia. Cuitan itu ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Salah satu yang mempostingnya adalah akun bernama @karimq1955. Dia mengunggahnya di Twitter pada Jumat (27/11/2020).

Postingan yang berisi cuitan Donald Trump pada kematian Maradona adalah hoaks. Faktanya Donald Trump tak pernah membuat cuitan tersebut di Twitter.

Baca selengkapnya di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.