Sukses

Cek Fakta: Benarkah Mengonsumsi Bawang Putih, Bawang Bombai, dan Jeruk Nipis yang Dihaluskan Bisa Sembuhkan Gagal Ginjal?

Beredar klaim tentang mengonsumsi bawang putih, bawang bombay, dan jeruk nipis yang telah dihaluskan dapat menyembuhkan gagal ginjal. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang mengonsumsi bawang putih, bawang bombai, dan jeruk nipis yang telah dihaluskan dapat menyembuhkan gagal ginjal beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Iswandi Al-Maidany pada 9 Desember 2018.

Akun Facebook Iswandi Al-Maidany mengunggah narasi berisi tata cara membuat ramuan dari bawang putih, bawang bombai, dan jeruk nipis yang telah dihaluskan untuk menyembuhkan penyakit gagal ginjal.

"Kemarin waktu aku tugas ke NTT aku lihat Kepala Kejaksaan Tinggi NTT pak John Walingson Purba tampak segar bugar bersih putih kulitnya dan sehat sekali. Saya bertegur sapa dengan beliau "Bapak terlihat sehat sekali Pak". Setelah itu beliau berceritera : "ya dulu memang saya sakit gagal ginjal dahulunya dan saya harus cuci darah. Bahkan asam urat saya mencapai 14. Dokterpun sudah angkat tangan dengan penyakit saya ini. Namun sekarang saya sembuh total hanya dengan mengkonsumsi ramuan yg diberikan oleh Sinshe saya.

Ramuan itu adalah :

1. 11 (sebelas) siung bawang putih tunggal

2. 2 (dua) siung bawang bombay

3. 3 (tiga) buah jeruk nipis (bukan jeruk lemon)

Ketiga bahan tersebut diblender semua menjadi satu. Untuk jeruk nipisnya diblender semua beserta kulit dan biji bijinya sekalian. Nah ramuan herbal tersebutlah yg dikonsumsi sehari 3x 1 sendok mkn sebelum makan. Walhasil pak Kajati sembuh total dari penyakit gagal ginjalnya tersebut dan ramuan itulah yg ditularkan kepada kami Tim Inspeksi Umum dari Jakarta. Kata beliau sang Shinse nya berpesan kalau sudah sakit apapun mengkonsumsi ini akan sehat. Sekalipun dokter sudah memvonis tidak bakalan sembuh.

Sepulang dari Kupang pak Irmud Intel Pidsus Tjahyo Aditomo langsung membuat ramuan tersebut dan walhasil semua keluhannya hilang. Rasa kantuk yg selalu melanda saat jam jam kerja jadi hilang sama sekali. Begitu juga linu2 di tangan. Beliaupun punya anak yg divonis dokter mengalami gejala kangker lidah. Namun ajaib setelah mengkonsumsinya jadi sembuh sama sekali.

Satu lagi Pemeriksa Datun bu Riama Sihite punya pembantu eks pecandu narkoba. Tekanan darahnya selalu di atas 200/100 lbh. Setiap bangun pagi selalu tidak bisa lansung duduk dan harus pelan2 untuk bisa duduk. Maka itu dia suruh sang pembantu itu bikin ramuan tersebut dan mengkonsumsinya sebagai uji coba. Setelah dikonsumsi selama 2 minggu sang pembantu itu langsung kencing darah dan setelah itu tensi nya jadi normal menjadi 125/70..

Semoga bermanfaat....," tulis akun Facebook Iswandi Al-Maidany.

Konten yang disebarkan akun Facebook Iswandi Al-Maidany telah 17 ribu kali dibagikan dan mendapat 2.400 komentar warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang mengonsumsi bawang putih, bawang bombai, dan jeruk nipis yang telah dihaluskan dapat menyembuhkan gagal ginjal.

Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Guru Besar Ilmu Gizi FEMA Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Hardinsyah MS.

Prof Hardinsyah mengatakan, belum ada penelitian yang dapat membuktikan bawang putih atau bawang bombai menyembuhkan penyakit ginjal.

"Jadi jangan gegabah," kata Prof Hardinsyah kepada Liputan6.com, Jumat (27/11/2020).

Prof Hardinsyah menambahkan, bawang putih mengandung antioksidan dan terbukti dapat mengurangi tekanan darah dan kolesterol. Namun untuk menyembuhkan penyakit ginjal, baru dilakukan penelitian pada tikus percobaan. Hasilnya dapat mengurangi risiko radang ginjal, tapi bukan menyembuhkan ginjal tikus.

"Kelebihan asupan bawang putih dapat mempengaruhi enzim hati dan pengenceran darah yang merepotkan bila luka. Juga dapat menyebabkan hipotensi dan hipokolesterol yang enggak baik," ucap Prof Hardinsyah.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang mengonsumsi bawang putih, bawang bombai, dan jeruk nipis yang telah dihaluskan dapat menyembuhkan gagal ginjal ternyata tidak benar.

Belum ada penelitian yang dapat mendukung klaim mengonsumsi bawang putih, bawang bombai, dan jeruk nipis yang telah dihaluskan dapat menyembuhkan gagal ginjal.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.