Sukses

Cek Fakta: Hoaks Donald Trump Bikin Cuitan Twitter soal Meninggalnya Maradona

Beredar di media sosial cuitan Presiden AS Donald Trump setelah Diego Maradona meninggal dunia. Cuitan itu ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial cuitan Presiden AS Donald Trump setelah Diego Maradona meninggal dunia. Cuitan itu ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Salah satu yang mempostingnya adalah akun bernama @karimq1955. Dia mengunggahnya di Twitter pada Jumat (27/11/2020).

Dalam postingannya terdapat tangkapan layar dari akun Twitter Donald Trump dengan narasi sebagai berikut:

"Very sad to hear about the death of Maradona. A great person. Her music was wonderful. I remember listening to her albums in the early 1980's. Rest In Peace!"

atau dalam Bahasa Indonesia

"Sangat sedih mendengar tentang kematian Maradona. Orang yang hebat. Musiknya luar biasa. Saya ingat mendengarkan albumnya di awal 1980-an. Istirahat dalam Damai!"

Selain itu akun tersebut juga menambahkan narasi, "Here Donald Trump tweet about Maradona death" atau "Ini tweet Donald Trum terkait kematian Maradona"

Lalu benarkah Donald Trump mencuitkan postingan di Twitter soal kematian Maradona?

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan melihat akun Twitter Donald Trump, @realDonaldTrump yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.

Di sana tidak terdapat postingan terkait kematian Maradona. Postingan Donald Trump dalam dua hari terakhir berisi soal Pilpres AS dan Hari Thanksgiving di AS.

Berikut link untuk akun Twitter resmi Donald Trump...

Cek Fakta Donald Trump terkait kematian Maradona

Selain itu menurut website Politwoops, proyek yang digagas Propublica yang menyimpan cuitan Twitter yang dihapus politisi tidak ada cuitan yang dihapus oleh Donald Trump belakangan ini. Berikut link dari Politwoops selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang berisi cuitan Donald Trump pada kematian Maradona adalah hoaks. Faktanya Donald Trump tak pernah membuat cuitan tersebut di Twitter.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.