Sukses

Cek Fakta: Informasi Hoaks Bantuan Pemerintah Rp100 Ribu untuk Pelanggan Setia Telekomunikasi Selular Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia.

Informasi bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia tersebut, tersebar berantai melalui aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut isinya:

"Pemerintah bekerjasama dengan semua operator memberikan bantuan

internet gratis selama pandemi C0vid-19

Gratis untuk 100000 Rupiah pulsa

Apakah Anda sudah terpilih untuk

PT Telekomunikasi Selular Indonesia Program Hadiah Pelanggan Setia?

Ini adalah peluang untuk memenangkan 100000 Rupiah, gratis isi ulang jika

Anda telah menggunakan PT Telekomunikasi Selular Indonesia secara teratur

selama lebih dari 3 bulan.

Tenggat waktu:2020-12-1

Dukungan teknis: WhatsApp

Dapatkan sekarang DI SINI

https://happy-17.xyz/money/index.php?=ss1604108137506".

Benarkah informasi bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia, dengan mengunjungi tautan yang dicantumkan dalam informasi tersebut.Namun tampilan yang muncul adalah logo platform permainan online Mobile Legend.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu

 Penelusuran dilanjutkan dengan meminta konfirmasi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN).

Tim Komunisasi PC-PEN Lalu Hamdani mengatakan, informasi bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia tersebut hoaks.

"Broadcast WhatsApp ini tidak benar," kata Lalu saat berbincang dengan Liputan6.com

Lalu melanjutkan, tautan yang disertakan dalam informasi tersebut mengarah pada situs platform permainan online Mobile Legend, sdmengindikasikan pada pencurian data.

"Karena link mengarah ke situs Mobile Legend. Terindikasi phising," tutup Lalu

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia tidak benar.

Informasi tersebut palsu, tautan yang cantumkan dalam informasi  bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia megarah pada platform permainan online yang terindikasi pada pencurian data.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini