Cek Fakta: Hoaks Pelawak Sule Adakan Kuis Berhadiah Rp 100 Juta di Facebook

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 20 Nov 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 20 Nov 2020, 21:35 WIB
Hoaks Sule bikin kuis di Facebook
Perbesar
Hoaks Sule bikin kuis di Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah postingan yang sedang viral. Disebutkan kalau pelawak Sule bagi-bagi uang sebagai bentuk rasa syukur setelah meminang Nathalie Holscher, beberapa waktu lalu.

Akun Facebook atas nama Sulee Quizz adalah yang mengunggah klaim ini. Disebutkan kalau Sule bakal membagikan sejumlah uang dengan total Rp 100 juta.

Dalam postingan Sule bagi-bagi uang ada sebuah link yang mengarah ke situs Web.WhatsApp dengan nomor tidak jelas. Begini narasinya:

"SAYA KASIH UANG 100 JUTA

đź”´Spam P5x 20 JUTA

P20Ă— 100 JUTA

đź”´SHARE KE 5 GRUPâś…

BAGI YANG SUDAH SILAHKAN HUBUNGI

WATSHAP KAMI"

Dalam unggahannya itu, pemilik akun Sulee Quizz juga mengunggah foto yang diklaim sebagai bukti transfer kepada pemenang, dengan hadiah Rp 20 juta.

Postingan itu berada di Facebook pada 20 November 2020. Hingga saat ini, unggahan itu sudah mendapat 4 ribu komentar dan dibagikan hingga 479 kali.

Lalu, benarkah klaim tersebut?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk memastikan klaim itu benar atau tidak, Cek Fakta Liputan6.com memeriksa akun media sosial milik Sule. Dari Instagram Sule yang memiliki centang biru atau terverifikasi, pria berusia 44 tahun itu membantah kuis tersebut.

Bantahan itu berada di Insta Story akun Instagram milik Sule. Begini bantahannya:

"Kang @ferdinand_sule dan @nathalieolscher tidak ada mengadakan quis ini ya guys. Ini hoaks."

Data dari Fact Checking Facebook, unggahan soal kuis berhadiah Rp 100 juta dari Sule sudah dilihat sebanyak 133,1 ribu kali di situs besutan Mark Zuckerberg.

Hoaks bagi-bagi uang di Facebook mencatut nama artis juga pernah menimpa Baim Wong. Untuk melihat beritanya, klik tautan ini.

 

 

Bantahan Sule
Perbesar
Sule membantah bikin kuis di Facebook.
3 dari 5 halaman

Kesimpulan

banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Klaim yang menyebut Sule membuat kuis berhadiah ratusan juta rupiah adalah informasi yang hoaks karena tidak ada faktanya. Sule telah mengonfirmasi, dia tidak mengadakan kuis melalui Facebook.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓