Sukses

Cek Fakta: Hoaks Akun Facebook Mencatut Umi Pipik

Beredar akun Facebook palsu yang mencatut nama Umi Pipik.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Umi Pipik, istri mendiang Ustaz Jefri Al Jefri Al Buchori mempunyai akun Facebook beredar di media sosial.

Akun Facebook bernama Ummi Pipik viral setelah mengunggah pesan berisi cerita Umi Pipik mimpi bertemu dengan almarhum Ustaz Jefri Al Buchori.

"Ass. Wr. Wb.Tlng jangan dihapus sms ini dari pipik.istri almrhm Uje Ia bermimpi ke temu ustd jefri al buchori dlm mimpi itu

Beliau berpesan . kuatkan Akidah dlm Ibadah. Karena dunia sudah goyang dan tua . jngn tinggalkan sholat . Tlng sebarkan sms ini ke 20 muslim . insya ALLAH dlm wkt 10 hari kamu akan dpt rizki besar . dan bila tidak di sebarka maka kamu akan menemukan kesulitan yang tidak henti 2 nya

(demi Allah terbukti) Wass

Ass.wr.wb. Tlg jangan dhapus sms ini dari Bp KH HABIB juru kunci gedung MEKAH ia bermimpi ketemu NABI MUHAMMAD Rosulullah SAW. dlm mimpi itu beliau brpesan. kuatkan Akidah dalam ibadah. Krna dunia sudah goyang dan tua. jangan tnggalkan sholat.*Tolong sebarkan sms ini ke 20 muslim. insya ALLAH dlm wktu 10 hari kamu akan dapat rizki besar. dan bila tidak* disebarkan maka kamu akan menemukan kesulitan yang tidak henti2nya

(demi ALLAH terbukti)

Saya share krn dan untuk Allah....*

*BISMILLAH 7X*

Ya Allah

Ya Rahman

Ya Rahim

Ya Malik

Ya Qudus

Ya Salam

Ya Mu'min

Ya Muhaimin

Ya Aziz

Ya Jabar

Ya Mutakabbir

*Kirimkanlah Asma Allah ini kepada 3 grup Insya Allah Hari sabtu kamu akan mendpt berita baik. Siapa yg tdk menghiraukan x maka akan mendpt nasib yg buruk selama 6 thn. Jikalau anda iklas mau mengorbankan 3 sms krn asma ALLAH!! Dlm Waktu 1 hr anda akan mndapatkn REZEKI yg tiada tara jumlahny. jagan diremehkn Demi Allah.dan jngan di hapus sebelum di kirim...* yg bilang aamiin moga diberi rezeki yg melimpah Aamiin.......," tulis akun Facebook Ummi Pipik.

Konten yang disebarkan akun Facebook Ummi Pipik telah 98 ribu kali dibagikan dan mendapat 80 ribu komentar warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Umi Pipik, istri mendiang Ustaz Jefri Al Jefri Al Buchori mempunyai akun Facebook.

Penelusuran dilakukan dengan mengunjungi akun Instagram milik Umi Pipik, @_ummi_pipik_. Ternyata ada salah satu unggahan dari akun Instagram @_ummi_pipik_ yang membantah bahwa istri dari mendiang ustaz Jeferi Al Buchori itu memiliki akun Facebook.

Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @_ummi_pipik_

"selamat sore semuanya , barusan dpt info ada yg memakai nama saya utk fb sebuah yayasan .. mohon maaf utk siapapun anda sy tunggu konfirmasi nya krn sdh menyalah gunakan , jika anda memang ingin mengelola yayasan , gak usah pake nama org lain utk spy org memberikan sumbangan , saya dari dulu tdk punya fb tdk pakai fb dan tdk punya yayasan apapun , terkecuali majelis taklim saya yg bernama @mt.fatimahazzahra , saya hanya punya IG dan hy IG ini saja yg bercontreng biru dan ig @saffron_ummipipik , utk siapapun yg sdh berteman di fb dan ada hal2 yg sekiranya merugikan , itu diluar tanggung jawab saya karena saya tdk punya FB satupun juga dari dulu trimakasih yg sdh menginfokan ini," tulis akun Instagram @_ummi_pipik_, pada 23 Oktober 2020 lalu.

Nama Umi Pipik sebelumnya pernah dicatut oleh sebuah yayasan. Ketika itu, fotonya yang tengah terbaring di rumah sakit viral dan dipakai untuk meminta sumbangan ke banyak orang.

Informasi ini dikutp dari artikel berjudul "Terbaring di RS Akibat Tumor, Foto Umi Pipik Disebar untuk Cari Sumbangan" yang dimuat situs jogja.suara.com pada 14 Oktober 2020 lalu.

SuaraJogja.id - Foto istri mendiang Ustaz Jefri Al Buchori (Uje), Umi Pipik terbaring di rumah sakit ramai beredar di Facebook.

Tetapi, siapa kira foto tersebut justru dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan.

Segelintir orang itu memanfaatkan keadaan hingga Umi Pipik terkesan sakit parah dan meminta sumbangan.

"Itu foto lama banget dan lebih parahnya lagi ada yang menyalahgunakan untuk minta sumbangan, padahal itu bukan saya. Saya nggak punya Facebook dan ya semoga mereka dapat hidayah," kata Umi Pipik saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (13/10/2020) malam.

Perempuan bernama asli Pipik Dian Irawati ini mengaku foto tersebut merupakan foto enam tahun lalu. Ketetangan foto pun dilebih-lebihkan sehingga anggapan publik Umi Pipik telah lama sakit parah.

"Iya kemarin yang beredar di Facebook banyak banget tapi itu kan foto-foto tahun 2013-2014. Akhirnya beritanya dilebih-lebihkan, sakit parah banget kesannya di rumah sakit," ucap Umi Pipik.

Umi Pipik tak membantah jika ia memang sempat sakit dan divonis mengidap tumor kelenjar getah bening. Namun, hal itu sudah terlewati.

"Alhamdulillah saya sudah sembuh sih, hanya kecapekan aja," bebernya.

Umi Pipik sendiri mengetahui sakit yang diidapnya beberapa tahun silam saat berdakwah di Kalimantan. Saat itu ia mengalami nyeri dan pusing yang dahsyat.

"Waktu itu lagi dakwah di Kalimantan terus pulang dari situ saya demam tinggi. Sakit luar biasa sampai saya muntah dan pusingnya itu bukan kayak ikhtiar minum obat sembuh nggak," ungkapnya.

Saat itu, Umi Pipik bahkan sampai kesulitan bernapas. Akhirnya, keesokan paginya ia dilarikan ke rumah sakit dan dilakukan pemeriksaan.

"Itu pulang dakwah siang, sorenya selama nginap ngerasain sakit pertama luar biasa. Di situ sampai ambekan susah napas, nggak bisa bangun langsung ke dokter kan besoknya," tuturnya.

Hasil pun menunjukkan ia mengidap tumor kelenjar getah bening. Namun, ia memang merahasiakan hal itu dari anak-anaknya.

"Anak-anak nggak tahu. Ya waktu itu melalui CT scan hasilnya ada tumor kelenjar getah bening dan dokter menyarankan operasi saja karena sudah besar," ujarnya.

Namun, Umi Pipik punya alasan untuk menyembunyikannya. Perempuan 42 tahun ini juga enggan melakukan operasi karena ingin berjuang lewat pengobatan alternatif.

"Tapi saya nggak mau dan saya cari alternatif aja, hehe," imbuh Umpi Pipik.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Umi Pipik, istri mendiang Ustaz Jefri Al Jefri Al Buchori ternyata tidak mempunyai akun Facebook. Akun Facebook dengan nama Ummi Pipik tidak dikelola oleh Umi Pipik. Konten tersebut masuk dalam kategori palsu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.