Sukses

Jangan Percaya, Inilah 6 Mitos Tentang Vaksin yang Masih Beredar

Informasi salah tentang vaksin beredar di tengah pandemi covid-19. Sejumlah orang pun telah percaya terhadap informasi yang salah sebelum memastikan kebenarannya.

Liputan6.com, Jakarta- Informasi salah tentang vaksin beredar di tengah pandemi covid-19. Sejumlah orang pun telah percaya terhadap informasi yang salah sebelum memastikan kebenarannya.

Informasi yang salah menimbulkan kekhawatiran tentang potensi risiko dan efek samping jangka panjang. Sementara penelitian menunjukkan, sebagian besar ketakutan terbesar kita tentang vaksinasi tidak berdasar.

Dikutip dari publichealth.org, berikut 6 mitos tentang vaksin:

Mitos 1: Vaksin menyebabkan autisme.

Ketakutan yang meluas bahwa vaksin meningkatkan risiko autisme berawal dari penelitian tahun 1997 yang diterbitkan oleh Andrew Wakefield, seorang ahli bedah Inggris. Artikel tersebut diterbitkan di The Lancet, sebuah jurnal medis bergengsi, yang menyatakan bahwa vaksin campak, gondok, rubella (MMR) meningkatkan autisme pada anak-anak di Inggris.

Makalah tersebut telah sepenuhnya didiskreditkan karena kesalahan prosedural yang serius, konflik kepentingan keuangan yang tidak diungkapkan, dan pelanggaran etika. Andrew Wakefield kehilangan lisensi medisnya dan kertasnya ditarik dari The Lancet.

Meskipun demikian, hipotesis tersebut ditanggapi dengan serius, dan beberapa penelitian besar lainnya dilakukan. Tak satu pun dari mereka menemukan hubungan antara vaksin apa pun dan kemungkinan mengembangkan autisme.

Saat ini, penyebab sebenarnya dari autisme masih menjadi misteri, tetapi untuk mendiskreditkan teori tautan vaksinasi autisme, beberapa penelitian sekarang telah mengidentifikasi gejala autisme pada anak jauh sebelum mereka menerima vaksin MMR. Dan bahkan penelitian yang lebih baru memberikan bukti bahwa autisme berkembang di dalam rahim, jauh sebelum bayi lahir atau menerima vaksinasi.

Mitos 2: Sistem kekebalan bayi tidak dapat menangani begitu banyak vaksin.

Sistem kekebalan bayi lebih kuat dari yang anda kira. Berdasarkan jumlah antibodi yang ada di dalam darah, seorang bayi secara teoritis memiliki kemampuan untuk merespon sekitar 10 ribu vaksin pada satu waktu. Bahkan jika ke-14 vaksin yang dijadwalkan diberikan sekaligus, itu hanya akan menggunakan sedikit di atas 0,1 persen dari kapasitas kekebalan bayi. Dan para ilmuwan yakin kapasitas ini murni teoretis. Sistem kekebalan tidak pernah benar-benar kewalahan karena sel-sel dalam sistem terus-menerus diisi ulang. Pada kenyataannya, bayi terpapar bakteri dan virus yang tak terhitung jumlahnya setiap hari, dan imunisasi dapat diabaikan jika dibandingkan.

Meskipun ada lebih banyak vaksinasi daripada sebelumnya, vaksin saat ini jauh lebih efisien. Anak-anak kecil sebenarnya terpapar lebih sedikit komponen imunologi secara keseluruhan dibandingkan anak-anak dalam beberapa dekade terakhir.

Mitos 3: Kekebalan alami lebih baik daripada kekebalan yang didapat dari vaksin.

Dalam beberapa kasus, kekebalan alami - artinya benar-benar tertular penyakit dan jatuh sakit - menghasilkan kekebalan yang lebih kuat terhadap penyakit daripada vaksinasi. Namun, bahaya dari pendekatan ini jauh lebih besar daripada manfaat relatifnya. Jika Anda ingin mendapatkan kekebalan terhadap campak, misalnya dengan tertular penyakit, Anda akan menghadapi 1 dari 500 kemungkinan kematian akibat gejala Anda. Sebaliknya, jumlah orang yang mengalami reaksi alergi parah akibat vaksin MMR, kurang dari satu dari satu juta.

Mitos 4: Vaksin mengandung racun yang tidak aman.

Orang-orang mengkhawatirkan penggunaan formaldehida, merkuri atau aluminium dalam vaksin. Memang benar bahwa bahan kimia ini beracun bagi tubuh manusia pada tingkat tertentu, tetapi hanya sejumlah kecil bahan kimia ini yang digunakan dalam vaksin yang disetujui FDA. Faktanya, menurut FDA dan CDC, formaldehida diproduksi pada tingkat yang lebih tinggi oleh sistem metabolisme kita sendiri dan tidak ada bukti ilmiah bahwa tingkat rendah bahan kimia, merkuri atau aluminium dalam vaksin dapat berbahaya. Lihat bagian III dari panduan ini untuk meninjau informasi keselamatan tentang bahan kimia ini dan bagaimana penggunaannya dalam vaksin.

Mitos 5: Kebersihan dan sanitasi yang lebih baik sebenarnya bertanggung jawab atas penurunan infeksi, bukan vaksin.

Vaksin tidak pantas mendapatkan semua pujian untuk mengurangi atau menghilangkan tingkat penyakit menular. Sanitasi yang lebih baik, nutrisi, dan pengembangan antibiotik juga banyak membantu. Tetapi ketika faktor-faktor ini diisolasi dan tingkat penyakit menular diteliti, peran vaksin tidak dapat disangkal.

Salah satu contohnya adalah campak di Amerika Serikat. Ketika vaksin campak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1963, tingkat infeksi tetap stabil di sekitar 400.000 kasus setahun. Dan sementara kebiasaan higienis dan sanitasi tidak banyak berubah selama dekade berikutnya, tingkat infeksi campak menurun drastis setelah diperkenalkannya vaksin, dengan hanya sekitar 25.000 kasus pada tahun 1970. Contoh lain adalah penyakit Hib. Menurut data CDC, tingkat kejadian penyakit ini turun drastis dari 20.000 pada tahun 1990 menjadi sekitar 1.500 pada tahun 1993, setelah diperkenalkannya vaksin.

 

Mitos 6: Vaksin dapat menginfeksi anak saya dengan penyakit yang ingin dicegahnya.

Vaksin dapat menyebabkan gejala ringan yang menyerupai gejala penyakit yang mereka lindungi. Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa gejala ini menandakan infeksi.

Faktanya, dalam persentase kecil kurang dari 1 dalam satu juta kasus di mana gejala memang muncul, penerima vaksin mengalami respons kekebalan tubuh terhadap vaksin, bukan penyakit itu sendiri. Hanya ada satu contoh yang tercatat di mana vaksin terbukti menyebabkan penyakit. Ini adalah Vaksin Polio Oral (OPV) yang tidak lagi digunakan di A.S. Sejak saat itu, vaksin telah digunakan dengan aman selama beberapa dekade dan mengikuti peraturan Food and Drug Administration (FDA) yang ketat.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini