Sukses

Cek Fakta: Benarkah Ada Timses Gibran Rakabuming Jadi Tersangka Kasus Penganiayaan? Simak Faktanya

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dan mendapat artikel berjudul "Polisi Pastikan Pelaku Penganiayaan Pacar Bukan Timses Gibran" yang tayang 24 Oktober 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial terkait kabar timses putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka tersandung kasus kriminal. Kabar ini ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu yang membagikannya adalah akun bernama Arba. Ia mengunggahnya pada 24 Oktober 2020.

Dalam postingannya ia mengunggah tangkapan layar sebuah artikel berjudul "Tim Sukses Gibran Putra Jokowi Aniaya Wanita Cantik dan Disekap di Hotel". Selain itu ia juga menambahkan narasi,

"Wih Keren Nih Timses Putra Mahkota🤣🤣 Diproses Nggak Ya Sama Pak Pol.. Atau Jangan Jangan.. Jangan Jangan.."

Hingga saat ini postingan tersebut sudah mendapat 55 komentar dan 86 kali dibagikan.

Lalu benarkah ada timses Gibran Rakabuming yang tersandung kasus kriminal?

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dan mendapat artikel di Liputan6.com berjudul "Polisi Pastikan Pelaku Penganiayaan Pacar Bukan Timses Gibran" yang tayang 24 Oktober 2020.

Dalam artikel tersebut, Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo menuturkan, pelaku awalnya mengaku sebagai timses salah satu paslon di Pilkada Solo. Namun, dari hasil pemeriksaan yang bersangkutan tidak pernah masuk ke dalam jajaran timses.

"Nanti rekan-rekan wartawan bisa mendalami dan saya pastikan yang bersangkutan tidak masuk ke timses paslon di Solo. Dalam proses penyidikan yang kita kedepankan adalah fakta," ujarnya, Sabtu, (24/10/2020).

Sementara itu, pelaku mengaku hanya seorang pekerja biasa, bukan tim sukses Gibran. Dia hanya mengaku-ngaku timses dengan menunjukkan fotonya bersama Gibran kepada korban.

"Saya cuma pekerja biasa kok, pekerja wiraswasta. Bukan timses Gibran, foto sama Gibran waktu itu lagi main saja di sana, cuma main kok ndak kemana-mana," ujar dia.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang menyebut ada anggota timses Gibran Rakabuming yang terlibat kasus kriminal adalah tidak benar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini