Sukses

Wali Kota Liverpool ke Penyangkal Covid-19: Kalian dari Planet Mana?

Joe Anderson heran masih banyak orang yang tidak percaya Covid-19, meski sudah lebih dari 1 juta orang meninggal dunia.

Liputan6.com, Liverpool - Wali Kota Liverpool, Joe Anderson, mengungkapkan kemarahan sekaligus kesedihan kepada para penyangkal Covid-19 yang melakukan demo selama dua hari pada pekan lalu.

Joe Anderson heran masih banyak orang yang tidak percaya Covid-19, meski sudah lebih dari 1 juta orang meninggal di seluruh dunia dunia. Bahkan, saudara kandung Joe, Bill Anderson, meninggal di Rumah Sakit Royal Liverpool karena Covid-19, sehari sebelum ada demo anti-Covid-19 di Liverpool.

Itu merupakan kali kedua dalam enam minggu Wali Kota Liverpool kehilangan saudara kandungnya. Sebelum Bill, Henry Anderson kalah dalam pertempuran melawan Covid-19, bulan lalu.

Aksi demo tidak percaya Covid-19 di Liverpool dipimpin oleh Piers Corbyn, saudara kandung dari mantan pemimpin Bartai Buruh, Jeremy. Demo itu membuat Wali Kota Liverpool terluka karena dua saudara kandungnya meninggal karena wabah ini.

"Ketika saya melihat beberapa dari orang itu tersenyum dan menari pada hari Sabtu, saya melihat mereka dan berpikir: "Apakah mereka serius?" Mereka ini dari planet mana?" kata Joe Anderson, dikutip dari Liverpool Echo.

"Hari ini saya baru membuka sertifikat kematian Bill, penyebab kematiannya karena Covid-19. Bagi mereka yang percaya dan mengkalim bahwa ini semacam konspirasi dan tidak khawatir, ini sangat aneh," ujarnya menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kasus Covid-19 di Liverpool

Joe Anderson mengungkapkan, kasus covid-19 di Liverpool masih mengkhawatirkan. Masih ada ratusan warga Liverpool yang belum sembuh dari penyakit ini.

"Ada 300 orang di rumah sakit dengan penyakit karena virus ini di Liverpool, 40 di antaranya berada di ICU dengan kondisi yang aneh. Ini tidak dibuat-buat."

"Virus ini tidak punya perasaan, tidak meghormati siapa pun, atau mendiskriminasi. Apakah Anda seorang penyangkal atau yang percaya. Virus ini bakal menjangkiti siapa pun," ucap Wali Kota Liverpool itu menegaskan.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.