Sukses

Cek Fakta: Daun Sisik Naga Belum Terbukti Sembuhkan Kanker Payudara hingga Reumatik

Beredar klaim daun sisik naga bisa menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari kanker payudara hingga reumatik. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang daun sisik naga dapat menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari kanker payudara hingga reumatik beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Alsaka Syamm pada 26 September 2020.

Akun Facebook Alsaka Syamm mengunggah narasi berisi tata cara meracik ramuan dari daun sisik naga untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

"MANFAAT SISIK NAGA./PITIH- PITIH,/ KOIN KOIN

1. Obat kanker payudara, direbus dan minum

2. Obat bisul, ditumbuk di tempelkan pada bisul

3. Menurunkan demam, rebus minum

4. Membersihkan lendir paru paru

5. Obat gatal, dicampur kunyit, tumis pakek minyak kelapa pakek ditempat sakit

6. Membersihkan paru

7. Sisik naga bisa untuk abat batuk(tb) diperas ambil airnya campur gula putih sedikit dan garam dapur,insya allah dengan pertolongannya

8. Obat batuk paru Radang gusi, dikunyah

10. TBC kulit dengan pembesaran kelenjar getah bening,

11. Sakit kuning,

12. Gondongan,

13. Disentri,

14. Batuk,

15. abses paru-paru,

16. TB paru yang disertai dengan batuk berdarah,

17. Kencing nanah,

18. Rematik,

19. perdarahan seperti mimisan, berak berdarah, muntah darah atau perdarahan pada perempuan;

20. Reumatik," tulis akun Facebook Alsaka Syamm.

Konten yang disebarkan akun Facebook Alsaka Syamm telah 13 ribu kali dibagikan dan mendapat 550 komentar warganet. Benarkah daun sisik naga terbukti bisa menyembuhkan berbagai penyakit? Berikut penelusurannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang daun sisik naga dapat menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari kanker payudara hingga reumatik.

Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Ketua Umum Pergizi Pangan, Prof Dr Hardinsyah.

Prof Hardinsyah mengatakan, sisik naga memang mengandung antioksidan dan antibakteri. Namun tidak dapat menyebuhkan berbagai macam penyakit.

"Antioksidan dan antibakteri digunakan oleh pihak tertentu," jelas Prof Hardiansyah kepada Liputan6.com pada Kamis, (22/10/2020).

Menurut Prof Hardinsyah, hingga kini tidak ada bukti ilmiah dan hasil uji klinis yang mendukung klaim daun sisik naga bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

"Jika digunakan sebagai obat tentu perlu mengikuti tahapan uji klinis sebagai layaknya suatu obat dan tidak mungkin untuk berbagai macam penyakit," kata Prof Hardinsyah.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang daun sisik naga dapat menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari kanker payudara hingga reumatik ternyata tidak benar.

Ketua Umum Pergizi Pangan, Prof Dr Hardinsyah menyebut tidak ada bukti ilmiah dan hasil uji klinis yang mendukung klaim daun sisik naga bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

 

 

(Indah Suci Safitri)

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini