Sukses

Cek Fakta: Di Video Ini Mike Tyson Bukan Salat Berjamaah di Kafe Anti-Islam

Akun yang mengunggah video Mike Tyson sedang salat di kafe anti-orang Islam adalah Videi Lucu nya unik pada Selasa (20/10/2020).

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah unggahan di Facebook dalam bentuk video yang menyebut legenda tinju, Mike Tyson sedang melaksanakan salat di sebuah kafe anti-orang Islam.

Akun yang mengunggah video Mike Tyson sedang salat di kafe anti-orang Islam adalah Videi Lucu nya unik pada Selasa (20/10/2020). Begini narasi yang dia buat:

"Pemilik caffee di tegah kota Los Ageles menuliskan di depan pintu Caffee nya kalau orang muslim dilarang masuk.

Tapi ketiga Orang muslim ini tak peduli mereka masuk ke dlm Caffee tidak membeli apa apa tapi langsung meletak kan sajadah dan langsung sholat pemilik Caffee ,securities dan pegawainya hanya terdiam dan tak bisa berbuat apa apa cuma bisa menyaksikan tanpa mengeluarkan kata kata, mereka terlalu takut untuk membuka mulutnya.

Ketiga orang itu adalah :

Mantan juara tinju kelas berat dunia yg sangat tersohor *Mike Tyson* dan present word Boxing champion *Swede Bado Jack* dan the imam present world kick boxing campion *Aamar Abddallah*"

Lalu benarkah video yang mengatakan Mike Tyson sedang melaksanakan salat di sebuah kafe anti-orang Islam?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com membuat screen shoot dari video tersebut untuk mencari kebenaran informasinya. Kemudian tangkapan layar tersebut dimasukkan ke pencarian terbalik, Google Image.

Hasil penelusuran menyebut kalau video itu tidak dimanipulasi. Video tersebut pertama kali ada di Twitter setelah diunggah Badou Jack, seorang juara WBA di kelas light heavyweight pada 23 Agustus 2020.

Sejak diunggah di Twitter, video tersebut menjadi viral dengan mendapatkan 24,5 ribu retweet, 2,3 ribu komentar, dan 73,6 ribu like.

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs Esquieme dengan artikel berjudul: "Nope, the viral video of Mike Tyson praying in Saudi is a fake". Artikel itu dipublikasikan pada 25 Agustus 2020.

Disebutkan kalau Tyson tidak salat di kafe anti orang Islam atau berada di Arab Saudi. Mike Tyson disebutkan salat di ladang ganja miliknya, Tyson Ranch.

Hal ini bisa dapat diketahui dengan mudah karena ada logo: "TR" di belakang Tyson yang sedang salat. TR berarti Tyson Ranch yang berada di Big Bear California, Amerika Serikat.

"Video itu diambil dalam persiapan untuk pertarungan Badous, 28 November, kami menghabiskan akhir pekan di Big Bear, California untuk mendapatkan latihan ringan dan istirahat sebentar dari Las Vegas," kata Amer Abdallah, manajer pentinju Badou Jack dan Viddal Riley.

"Ketika kami pertama kali tiba, saya bertanya kepada Tyson, di mana saya bisa melaksanakan salat. Dia berkata, saya akan salat bersama Anda," ujarnya menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi yang menyebutkan Mike Tyson sedang melaksanakan salat di sebuah kafe anti-orang Islam adalah salah. Faktanya, Mike Tyson salat berjamaan dengan Amer Abdallah, manajer pentinju Badou Jack dan Viddal Riley di Tyson Ranch.

Tyson Ranch merupakan ladang ganja milik Mike Tyson yang berada di Big Bear California, Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini