Sukses

Cek Fakta: Foto Monyet Ikut Selfie Bukan Pemenang Kontes iPhone Photography Awards 2020

Ada dua akun Twitter yang mengunggah foto monyet ikut selfie yang disebut memenangkan Kontes iPhone Photography Awards 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Di media sosial Twitter beredar foto selfie empat orang wanita yang dihebohkan dengan sosok monyet yang ikut berswafoto. Disebutkan kalau foto itu menang penghargaan iPhone Photography Awards 2020.

Ada dua akun Twitter yang mengunggah foto monyet ikut selfie yang disebut memenangkan Kontes iPhone Photography Awards 2020, yakni @zhangying77148 dan @conceal_cat. Keduanya memberikan narasi yang hampir mirip menggunakan Bahasa Mandarin.

Berikut ini narasi untuk foto tersebut:

"Ponselnya dirampas oleh monyet dan si monyet pun berfoto selfie. Hasilnya, foto ini juara grup selfie pada iPhone Photography Awards 2020".

Benarkah foto monyet ikut swafoto menjadi pemenang iPhone Photography Awards 2020?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran informasi tersebut mengunakan pencarian terbalik. Foto yang ada di Twitter dimasukkan ke Google Images.

Hasil penelusuran menyebutkan foto tersebut bukan hasil suntingan. Foto tersebut sudah berada di media sosial Instagram sejak 12 September 2019.

Foto tersebut diunggah oleh pemilik akun Instagram atas nama elene_ed. Hanya saja dia tidak memberikan caption sebagai keterangan foto. Pemilik foto hanya memberikan tiga tagar, yakni #monkey, #ubud, #balilife.

Sejak diunggah di Instagram, foto selfie bersama monyet milik elene_ad sudah mendapatkan lebih dari 30 ribu like.

 
 
 
View this post on Instagram

🙊🐵🙉 #monkey #ubud #balilife

A post shared by Elene (@elene_ad) on

Untuk memastikan foto ini memenangkan iPhone Photography Awards 2020 atau tidak, Cek Fakta Liputan6.com juga mengunjungi situs ippawards.com. Disebutkan dalam situs resmi iPhone Photography Awards 2020, pemenang kontes ini bukanlah foto empat wanita selfie bersama monyet.

Pemenang pertama pada kontes foto tahun 2020 adalah fotografer jalanan asal Inggris, Dimpy Bhatolia untuk fotonya flying boys. Foto itu menggambarkan tiga anak laki-laki terbang dari tebok ke Sungai Gangga.

Sementara untuk pemenang kedua jatuh kepada Artyom Baryshau dari Belarusia untuk foto orang mengecat tembok seolah-olah mewarnai langit. Sedangkan pemenang ketiga adalah Geli Zhao asal China untuk foto seprai yang tertiup angin di hari yang cerah.

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs AFP Fact Check dengan judul artikel: "This photo is not a winner in the 2020 iPhone Photography Awards contest, which has no selfie category."

Dalam artikel tersebut, AFP juga membantah foto tersebut sebagai pemenang kontes iPhone Photography Awards 2020. AFP Fact Check juga mencoba menghubungi pemilik foto, tapi tidak mendapat jawaban hingga sekarang.

Penelusuran AFP, selain tidak memenangkan penghargaan di tahun 2020, foto monyet ikut selfie itu juga tidak juara di iPhone Photography Awards 2019.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto monyet selfie bersama empat wanita cantik yang disebut sebagai pemenang iPhone Photography Awards 2020 adalah disinformasi.

Faktanya, pemenang pertama pada kontes foto tahun 2020 adalah fotografer jalanan asal Inggris, Dimpy Bhatolia untuk fotonya flying boys. Foto itu menggambarkan tiga anak laki-laki terbang dari tebok ke Sungai Gangga.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini