Sukses

Mitos yang Membuat Tubuh Kebal dari Penularan Covid-19, Simak Faktanya

Mitos yang membuat kita kebal dari penularan Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Mitos seputar virus corona (Covid-19) semakin banyak beredar di masyarakat, bahkan informasi yang belum dipastikan kebenarannya kerap dipercaya. Padahal, akan menyesatkan bahkan merugikan.

Mitos tersebut di antaranya hal yang membuat kita kebal dari penularan Covid-19, dikutip dari berbagai sumber berikut daftar mitos tersebut:

Mitos: Suplemen vitamin C akan menghentikan Anda tertular Covid-19

Para peneliti belum menemukan bukti bahwa suplemen vitamin C dapat membuat orang kebal terhadap infeksi Covid-19. Faktanya, bagi kebanyakan orang, mengonsumsi vitamin C ekstra bahkan tidak menangkal flu biasa, meski dapat mempersingkat durasi pilek jika Anda tertular.

Konon, vitamin C memiliki peran penting dalam tubuh manusia dan mendukung fungsi kekebalan normal. Sebagai antioksidan, vitamin menetralkan partikel bermuatan yang disebut radikal bebas yang dapat merusak jaringan dalam tubuh. Ini juga membantu tubuh mensintesis hormon, membangun kolagen dan menutup jaringan ikat yang rentan terhadap patogen.

Jadi, vitamin C mutlak harus dimasukkan dalam makanan harian jika ingin menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. Tetapi dosis tinggi suplemen tidak mungkin menurunkan risiko Anda tertular Covid-19, dan paling banyak memberi Anda keuntungan sederhana terhadap virus, jika Anda terinfeksi.

Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa apa yang disebut suplemen penambah kekebalan - seperti seng, teh hijau atau echinacea - juga membantu mencegah Covid-19.

Berhati-hatilah dengan produk yang diiklankan sebagai perawatan atau obat untuk virus corona baru. Sejak wabah Covid-19 dimulai di Amerika Serikat, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dan Komisi Perdagangan Federal (FTC) telah mengeluarkan surat peringatan kepada tujuh perusahaan karena menjual produk palsu yang berjanji untuk menyembuhkan, mengobati, atau mencegah infeksi virus.

Mitos: Meminum pemutih atau disinfektan lain dapat melindungi dari Covid-19

Anda sama sekali tidak boleh minum pemutih atau disinfektan rumah tangga lainnya, dan juga tidak boleh menyemprotkannya ke tubuh. Zat ini beracun jika tertelan, dan juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan mata, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Ketika tertelan, natrium hipoklorit (pemutih rumah tangga) dapat menyebabkan apa yang disebut "nekrosis pencairan," atau proses yang mengakibatkan transformasi jaringan menjadi massa kental cair, Live Science sebelumnya melaporkan. Pemutih juga dapat merusak sel karena natrium bereaksi dengan protein dan lemak di jaringan seseorang dalam proses yang disebut saponifikasi (sabun), kata dokter medis pada tahun 2018 dalam sebuah publikasi oleh Emergency Medicine Residents Association.

Yang mengkhawatirkan, hampir 4 dari 10 orang dewasa Amerika dalam survei baru-baru ini melaporkan terlibat dalam praktik berbahaya pembersihan untuk mencegah Covid-19, seperti mencuci makanan dengan pemutih, menggunakan produk desinfektan rumah tangga pada kulit mereka atau dengan sengaja menghirup uap dari produk pembersih.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Mitos: Minyak Wijen Halangi Virus Corona Masuk Tubuh

Menurut WHO, menggunakan minyak wijen pada hidung tidak akan membunuh atau menghalangi virus corona untuk masuk dalam tubuh. Sebenarnya memang ada desinfektan seperti berbasis pemutih/klorin, etanol 75 persen, asam perasetat atau kloroform, yang bisa membunuh virus corona pada permukaan.

Namun, cairan desinfektan ini sedikit atau tidak memiliki dampak untuk mencegah virus corona, bila kita menggunakannya di kulit atau bawah hidung. Hal tersebut dapat membahayakan kulit, khususnya mata dan mulut.

Mitos: Minum minuman beralkohol membuat Anda terlindung dari infeksi COVID-19

Minum minuman beralkohol tidak dapat melindungi Anda dari bahaya infeksi COVID-19. Minuman beralkohol justru berbahaya bagi kesehatan, terutama jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini