Cek Fakta: Tidak Benar Ada Ambulans DKI Diamankan karena Bawa Batu untuk Pendemo

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 17 Okt 2020, 13:05 WIB
Diperbarui 18 Okt 2020, 09:10 WIB
Gambar Tangkapan Layar Kabar tentang Ambulans DKI Diamakan karena Bawa Batu untuk Pendemo (sumber: Facebook)
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Kabar tentang Ambulans DKI Diamakan karena Bawa Batu untuk Pendemo (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang adanya ambulans milik Pemprov DKI Jakarta yang diamankan karena membawa batu dan samurai untuk pendemo beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Hariantodarmawan pada 14 Oktober 2020.

Akun Facebook Hariantodarmawan mengunggah gambar berisi narasi bahwa ada ambulans milik Pemprov DKI Jakarta diamankan:

"DITANGKAPNYA AMBULAN DKI MEMBAWA BATU DAN SAMURAI UNTUK PENDEMO....ANIES PASTI TERLIBAT"

Konten yang disebarkan akun Facebook Hariantodarmawan telah 34 kali dibagikan dan mendapat 127 komentar warganet.

Benarkah ada ambulans milik Pemprov DKI Jakarta diamakan karena membawa batu dan samurai untuk pendemo?

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang adanya ambulans milik Pemprov DKI Jakarta yang diamankan karena membawa batu dan samurai untuk pendemo.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "ambulans dki". Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Dinkes DKI Sebut Ambulans Viral Saat Demo RUU Cipta Kerja Bukan Milik Pemprov" yang dimuat situs Liputan6.com pada 14 Oktober 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kesehatan DKI Jakarta membantah ambulans yang viral di media sosial saat demo penolakan RUU Cipta Kerja bukanlah milik Pemerintah Provinsi DKI.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia menuturkan, hal itu bisa terlihat dalam tampilan ambulans yang viral saat demo RUU Cipta Kerja tersebut.

"Kalau tampilan ambulansnya bukan punya jajarannya DKI itu," kata Dwi saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (14/10/2020).

Dia mengungkapkan, pihaknya tak mengetahui kejadian tersebut. Sehingga tak bisa menjelaskan secara detail mengenai ambulans yang viral saat unjuk rasa RUU Cipta Kerja itu.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang adanya ambulans milik Pemprov DKI Jakarta yang diamankan karena membawa batu dan samurai untuk pendemo ternyata tidak benar.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta memastikan tidak ada ambulans milik Pemprov DKI Jakarta yang diamankan usai demo penolakan RUU Cipta Kerja.

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓