Cek Fakta: Tidak Benar Pengamat Sebut Densus 88 Harus Tingkatkan Persenjataan untuk Hadapi Anak STM

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 16 Okt 2020, 20:30 WIB
Diperbarui 16 Okt 2020, 20:30 WIB
Penelusuran Klaim Densus 88 Harus Tingkatkan Persenjataan untuk Hadapi Anak STM
Perbesar
Penelusuran klaim Densus 88 harus tingkatkan persenjataan untuk hadapi anak STM

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi yang mengklaim pengamat intelejen menyebut Densus 88 harus meningkatkan persenjataan untuk hadapi anak STM.

Klaim pengamat intelejen menyebut Densus 88 harus meningkatkan persenjataan untuk hadapi anak STM dimuat akun Facebook Putra Inka, pada 16 Oktober 2020.

Unggahan tersebut berupa tangkapan layar artikel berjudul "Hadapi Ancaman Anak STM Pakat Intelejen: Densus 88 Harus Segera Tingkatkan Kemampuan Dan Persenjataan" yang dimuat situs berita rmol.id.

Tangkapan layar tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Waduh Yang Bener Aja Nich­čśü­čśé­čśéTak Ada JOB Teroris Targetnya Ganti Anak STM Sampai Minta Tambahan Persenjataan Dan Tingkatkan Kemampuan Untuk Melawan Anak STM, Ini Meme Nyindir Apa Beneran Sich.???"

Benarkah pengamat intelejen menyebut Densus 88 harus meningkatkan persenjataan untuk hadapi anak STM? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim pengamat intelejen menyebut Densus 88 meningkatkan persenjataan untuk hadapi anak STM, dengan mecari artikel yang menjadi sumber tangkapan layar.

Penelusuran mengarah pada situs nusantara.rmol.id. Namun, judul artikel yang dimuat situs nusantara.rmol.id berbeda dengan tangkapan layar klaim.

Judul artikel yang dimuat sitsu nusantara.rmol.id adalah "Hadapi Ancaman CBRN, Pakar Intelejen: Densus 88 Harus Segera Tingkatkan Kemampuan Dan Persenjataan".

Persamaan terdapat pada waktu penayangan berita, pada Kamis, 15 Oktober 2020, pukul 13:51 WIB. Penulis Ahmad Alfian dan foto ilustrasi.

 

 

 

Penelusuran Klaim Densus 88 Harus Tingkatkan Persenjataan untuk Hadapi Anak STM

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  klaim pengamat intelejen menyebut Densus 88 meningkatkan persenjataan untuk hadapi anak STM tidak benar.

Judul artikel sebenarnya adalah "Hadapi Ancaman CBRN, Pakar Intelejen: Densus 88 Harus Segera Tingkatkan Kemampuan Dan Persenjataan"

Altered dan Missing Context
Perbesar
Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓