Sukses

Rekomendasi Penanganan Covid-19 yang Sebaiknya Diabaikan

Berikut rekomendasi tentang penanganan Covid-19 yang sebaiknya diabaikan

Liputan6.com, Jakarta- Virus corona  baru (Covid-19) menyebar luas ke berbagai negara di seluruh dunia dan saat ini belum ada obatnya. Namun, banyak saran kesehatan, mulai dari tidak berguna tetapi relatif tidak berbahaya, hingga benar-benar berbahaya.

Dilansir dari BBC berikut rekomendasi tentang penanganan Covid-19 yang sebaiknya diabaikan:

1. Bawang putih

Banyak unggahan yang merekomendasikan makan bawang putih untuk mencegah infeksi dibagikan di Facebook.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan,  meskipun ini adalah makanan sehat yang mungkin memiliki beberapa sifat antimikroba, tidak ada bukti bahwa makan bawang putih dapat melindungi orang dari virus corona baru.

Dalam banyak kasus, jenis pengobatan ini sendiri tidak berbahaya, selama tidak menghalangi Anda untuk mengikuti saran medis berbasis bukti. Tapi mereka memiliki potensi untuk menjadi seperti itu.

South China Morning Post melaporkan kisah seorang wanita yang harus menjalani perawatan di rumah sakit karena radang tenggorokan yang parah, setelah mengonsumsi 1,5 kg bawang putih mentah.

Kita tahu secara umum bahwa makan buah dan sayur serta minum air putih bisa baik untuk menjaga kesehatan. Namun, tidak ada bukti bahwa makanan tertentu akan membantu melawan virus khusus ini.

2. Mineral ajaib

YouTuber Jordan Sather, yang memiliki ribuan pengikut di berbagai platform, mengklaim bahwa suplemen mineral ajaib, yang disebut MMS, dapat membunuh Covid-19.

Ini mengandung klorin dioksida - zat pemutih.

Sather dan yang lainnya mempromosikan zat tersebut bahkan sebelum wabah Covid-19, dan pada Januari dia men-tweet bahwa, "klorin dioksida (alias MMS) bukan hanya pembunuh sel kanker yang efektif, tetapi juga dapat membunuh Covid-19".

 

Tidak heran YouTube pada dasarnya menyensor setiap video yang saya diskusikan selama setahun terakhir.

3. Hand sanitiser buatan sendiri

Ada banyak laporan kekurangan gel pembersih tangan, karena mencuci tangan adalah salah satu cara utama untuk mencegah penyebaran virus.

Ketika kekurangan hand sanitiser di pasaran, di media sosial muncul resep untuk gel buatan sendiri.

Tetapi resep-resep ini adalah untuk disinfektan yang lebih cocok untuk membersihkan permukaan dan, seperti yang ditunjukkan oleh para ilmuwan, tidak cocok untuk digunakan pada kulit.

Gel tangan berbahan dasar alkohol biasanya juga mengandung emolien, yang membuatnya lebih lembut di kulit, selain kandungan alkoholnya 60-70%.

Profesor Sally Bloomfield, di London School of Hygiene and Tropical Medicine, mengatakan dia tidak yakin Anda bisa membuat produk yang efektif untuk membersihkan tangan di rumah, bahkan vodka hanya mengandung 40% alkohol.

Untuk membersihkan permukaan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengatakan disinfektan rumah tangga yang paling umum harus efektif.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

4. Perak yang bisa diminum

Penggunaan koloid perak dipromosikan di acara televangelist AS Jim Bakker. Perak koloid adalah partikel kecil dari logam yang tersuspensi dalam cairan. Seorang tamu di acara itu mengklaim bahwa solusi tersebut membunuh beberapa jenis Covid-19 dalam waktu 12 jam, sementara  itu belum diuji pada Covid-19.

Rekomendasi penggunaan  koloid perak bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk Covid-19 telah banyak dibagikan di Facebook.

Otoritas kesehatan AS pun menyatakan, tidak ada bukti larutan perak efektif untuk mengobati penyakit apa pun. Lebih penting lagi, ini dapat menyebabkan efek samping yang serius termasuk kerusakan ginjal, kejang dan argyria - suatu kondisi yang membuat kulit anda membiru.

Mereka mengatakan bahwa, tidak seperti besi atau seng, perak bukanlah logam yang memiliki fungsi apa pun dalam tubuh manusia.

5. Minum air setiap 15 menit

Beberapa akun Facebook mengunggah pernyataan seorang dokter Jepang yang merekomendasikan minum air setiap 15 menit untuk menghilangkan virus yang mungkin masuk ke mulut. 

Profesor Trudie Lang dari Universitas Oxford mengatakan, tidak ada mekanisme biologis yang mendukung dengan meminum air dapat mencuci pernapasan membunuh virus.

Infeksi seperti Covid-19 masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan saat menarik napas. Beberapa di antaranya mungkin masuk ke mulut, tetapi bahkan terus-menerus minum air tidak akan mencegah tertular virus.

Meskipun demikian, minum air dan tetap terhidrasi umumnya merupakan nasihat medis yang baik.

6. Panas dan hindari es krim

Ada banyak variasi nasihat yang menyarankan panas membunuh virus, mulai dari merekomendasikan minum air panas hingga mandi air panas, atau menggunakan pengering rambut.

Satu unggahan di media sosial di berbagai negara  mengaitkan dengan Unicef yang mengklaim bahwa meminum air panas dan paparan sinar matahari akan membunuh virus, dan mengatakan es krim harus dihindari.

Charlotte Gornitzka, yang bekerja untuk Unicef ​​tentang kesalahan informasi Covid-19, mengatakan, "Pesan online yang salah baru-baru ini yang mengaku sebagai komunikasi Unicef ​​tampaknya menunjukkan bahwa menghindari es krim dan makanan dingin lainnya dapat membantu mencegah timbulnya penyakit. tentu saja sepenuhnya tidak benar. "

Kami tahu virus flu tidak bertahan dengan baik di luar tubuh selama musim panas, tetapi kami belum tahu bagaimana panas memengaruhi Covid-19.

Mencoba memanaskan tubuh atau berjemur ke matahari  untuk membunuh virus sama sekali tidak efektif, menurut Prof Bloomfield. Setelah virus ada di tubuh Anda, tidak ada cara untuk membunuhnya,  hanya tubuh anda yang harus melawannya.

Di luar tubuh, "untuk secara aktif membunuh virus, Anda membutuhkan suhu sekitar 60 derajat Celsius", kata Profesor Bloomfield .

Mencuci sprei atau handuk pada suhu 60 drajat Celcius adalah ide yang bagus, karena dapat membunuh virus apa pun di dalam kain. Tapi itu bukan pilihan yang baik untuk mencuci kulit.

Mandi air panas atau minum cairan panas tidak akan mengubah suhu tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam  cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini