Sukses

Cek Fakta: Viral Video Demonstran Tendang Gas Air Mata Saat Unjuk Rasa di Bandung, Benarkah?

Beredar video yang diklaimdemonstran menendang gas air mata saat unjuk rasa di Bandung. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim seorang demonstran menendang gas air mata saat berunjuk rasa di Bandung, Jawa Barat beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh akun Facebook As Imran Khaitamy Daulay pada 7 Oktober 2020.

Dalam video berdurasi 2 detik itu, tampak seorang demonstran menendang gas air mata. Video itu diambil pada malam hari di sebuah jalanan kota.

Akun Facebook As Imran Khaitamy Daulay kemudian mengaitkan video tersebut dengan unjuk rasa di Bandung, Jawa Barat.

"Best moment at Bandung.... demonstran terbaik Masya Allah Dahsyat !" tulis akun Facebook As Imran Khaitamy Daulay.

Video demonstran menendang gas air mata yang disebarkan akun Facebook As Imran Khaitamy Daulay telah 91 kali dibagikan dan mendapat 48 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri ideo yang diklaim seorang demonstran menendang gas air mata saat berunjuk rasa di Bandung, Jawa Barat.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai video tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Viral Video Shows How To Protest Like A Footballer" yang dimuat situs the18.com pada 30 Mei 2020 lalu.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa peristiwa demonstran yang menendang gas air mata seperti dalam video, sebenarnya terjadi Lebanon pada 2019 lalu. Ketika itu warga berunjuk rasa akibat krisis di Lebanon.

Masih menurut artikel tersebut, video itu pertama kali diunggah oleh akun Twitter @sa0un pada 30 Mei 2020 lalu. Video yang diunggah Akun Twitter @sa0un telah 7.600 kali dibagikan dan mendapat 206 komentar warganet.

Gambar Tangkapan Layar Video dari Akun Twitter @sa0un

"We wrote a quick guide for US folks, combined by Lebanese activists, protesters, and revolutionaries (cc @aemasri). Contains info on protest safety, tear gas, + other hacks.

From #Lebanon to #Minneapolis, solidarity everywhere ✊🏽," tulis akun Twitter @sa0un.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim seorang demonstran menendang gas air mata saat berunjuk rasa di Bandung, Jawa Barat ternyata tidak benar. Video tersebut merupakan bagian dari peristiwa unjuk rasa di Lebanon pada 2019 lalu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.