Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini TKA Sudah Mengambil Alih Pekerjaan Tukang Becak

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto TKA sudah mengambil alih pekerjaan tukang becak

Liputan6.com, Jakarta Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang mengklaim Tenaga Kerja Asing (TKA) sudah mengambil alih lapangan pekerjaan tukang becak.

Klaim foto TKA mengambil alih lapangan pekerjaan tukang becak diunggah akun Facebook Yuda Akbar, pada 7 Oktober 2020.

Foto yang diunggah menampilkan seorang wanita berambut pirang sedang mengemudikan becak dengan penumpang seorang lelaki.

Pada foto tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

"Waspada Tenaga Kerja Asing Sudah mulai mengambil alih".

Foto tersebut diberi keterangan berikut:

"🤣🤣🤣😇"

Benarkah foto TKA sudah mengambil alih pekerjaan tukang becak? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto TKA sudah mengambil alih pekerjaan tukang becak, dengan menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto TKA sudah mengambil alih pekerjaan pengemudi becak

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Xung phong đổi chỗ, 'cô Tây' chở bác xích lô già yếu đi vòng vòng" yang dimuat situs tiin.vn, pada 2 November 2020.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto TKA sudah mengambil alih pekerjaan pengemudi becak

Situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim foto TKA sudah mengambil alih pekerjaan pengemudi becak.

Artikel situs situs tiin.vn tersebut menyebutkan, sorang turis bernama nona Thay mengajak pengemudi becak tukar posisi, dirinya mengambil alih kemudian dan pengemudi becak menjadi penumpang, untuk berkeliling kota Saigon atau Ho Chi Minh, Vietnam.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Thấy bác xích l‌ô già yếu, cô tây xung phong chở bác đi dạo phố Sài Gòn luôn!" yang dimuat situs xaluan.com, pada 14 Oktober 2019.

\ Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto TKA sudah mengambil alih pekerjaan pengemudi becak

 

Artikel situs xaluan.com menyebutkan, viral foto seorang turis asing bertukar posisi dengan pengemudi becak, foto tersebut diambil di sebuah jalan di Kota Ho Chi Minh, Vietnam.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto TKA mengambil alih pekerjaan tukang becak tidak benar. 

Foto sebenarnya adalah wisatawan asing di Kota Ho Chi Minh, Vietnam yang meminta bertukar posisi menjadi pengemudi becak dan pengemdu sebenarnya menjadu penumpang.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.