Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Broadcast Pemadaman Listrik pada 30 September 2020 Malam

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim pemadaman listrik pada 30 September 2020 malam

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi akan dilakukan pemadaman listrik pada 30 September 2020 malam.

Informasi akan dilakukan pemadaman listrik pada 30 September 2020 malam tersebut beredar berantai di aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi tersebut:

"ASSALAMUALAIKUM. WR. WB. Kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para ulama & tokoh2 Agama,di himbau agar meningkatkan kewaspadaan pada tanggal 29 & 30 September 2020 mulai pukul 19.00 WIB, kunci rumah, gembok pintu gerbang, siapkan lampu senter yg sangat terang LED, dan alat2 pertahanan diri jarak dekat seperti GOLOK, PEDANG, LINGGIS, BELATI DLL, karena di khawatir kan pada malam 29 & 30 September listrik akan dipadamkan di beberapa wilayah.

Untuk itu & maka dari itu kepada seluruh Rakyat Indonesia semua wajib jaga-jaga & siaga di wilayah nya masing-masing, khususnya PONDOK-PONDOK PESANTREN.

DIMOHON BERITA INI AGAR TERUS DI SAMPAIKAN & VIRALKAN KE SELURUH WILAYAH INDONESIA AGAR SELURUH RAKYAT SIAGA 1 JAGA-JAGA & WASPADA -Sekian terima kasih- KANG AGUNG PANGLIMA PEMBEBASAN RAKYAT INDONESIA"

Benarkah akan dilakukan pemadaman listrik pada 30 September 2020 malam? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim pemadaman listrik pada 30 September 2020 malam dengan meminta konfirmasi ke pihak PLN.

Manager Komunikasi PLN Distribusi Jakarta Raya Dita Artsana menyatakan, PLN tidak memiliki rencana melakukan pemadaman listrik saat 30 September 2020 malam. 

"Nggak ada, padam terencana biasanya siang," kata Dita, saat berbincang dengan Liputan6.com.

Vice President Public Relations PLN, Arsyadany G. Akmalaputri menyatakan, informasi terkait akan adanya pemadaman terencana serentak seluruh Indonesia adalah hoaks.

"Informasi tersebut sama sekali tidak benar," tegasnya.

Menurutnya, saat ini Keandalan listrik kami dalam kondisi prima dan siap memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan.

"Untuk itu kami himbau agar warga tidak percaya dengan informasi yang tidak bertanggung jawab yang saat ini sedang banyak beredar melalui media sosial," tutur Arsyadany.

Informasi tentang kondisi kelistrikan bisa diakses melalui Contact Center 123 atau bisa langsung ke kantor PLN setempat.

Menurut Arsyadany, PLN berkomitmen menjaga kehandalan pasokan listrik untuk menjaga kenyamanan pelanggan.

"Tugas PLN menjaga kehandalan listrik," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

klaim pemadaman listrik pada 30 September 2020 malam tidak benar. 

PLN tidak sedang melakukan rencana pemadaman saat 30 September 2020 malam, PLN juga berupaya menjaga kehandalan pasokan listrik.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini