Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Ahok Jualan Minyak

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Ahok berjualan minyak

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com menemukan foto Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sedang berjualan minyak.

Foto Ahok sedang berjualan minyak tersebut diunggah akun Facebook Republik Nismah, pada 29 September 2020.

Foto yang diunggah memperlihatkan Ahok mengenakan kaus biru dan topi merah, sedang menuangkan alat ukur literan minyak ke corong yang mengarah ke dirijen.

Pada foto tersebut terdapat tulisan "11 Triliyun seliter bang".

Unggahan foto tersebut diberi komentar sebagai berikut:

"Jangan terpengaruh perseturuan Ahok dan Erick Thohir,Karna Predator tidak akan saling memangsa.

Fokus saja pada Ancaman Orang Gila dan Ekonomi yg Meroket !!

#KrisisSudahDiDepanCongor"

Benarkah foto Ahok berjualan minyak? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Ahok berjualan minyak dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Ahok berjualan minyak

 

Penelusuran mengarah pada artikel berujudul "Harga minyak tanah naik dalam kabar ekonomi Jabar (5/3)" yang dimuat situs bandung.bisnis.com, pada 5 Maret 2011.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Ahok berjualan minyak

Artikel bandung.bisnis.com memuat foto yang identik dengan klaim, namun wajah sorang yang berjualan minyak tersebut bukanlah Ahok. Foto tersebut dijadikan ilustrasi pada artikel "Harga minyak tanah naik dalam kabar ekonomi Jabar (5/3)".

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Bodetabek Bersih dari Minyak Tanah Mulai 17 Agustus" yang dimuat situs finance.detik.com, pada 14 Agustus 2008.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Ahok berjualan minyak

Artikel  situs finance.detik.com memuat foto yang identik dengan klaim, namun wajah seorang yang sedang berjualan minya bukan ahok. Situs finance.detik.com menjadikan foto tersebut sebagai ilustrasi artikel "Bodetabek Bersih dari Minyak Tanah Mulai 17 Agustus".

 

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto Ahok berjualan minyak tidak benar.

Foto tersebut ditelah mengalamai editan, pada foto yang beredar sebelum klaim foto tersebut diunggah, wajah sorang yang ada pada foto bukanlah Ahok.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini