Sukses

Cek Fakta: Hoaks Poster Maklumat KSAD soal Waspada Aksi Demo

Beredar poster hoaks berisi maklumat dari KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa tentang adanya demo sampai 20 Oktober mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah poster berisi maklumat dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa beredar di media sosial. Poster tersebut disebarkan akun Facebook Tjong Tji Hok pada 21 September 2020.

Dalam poster tersebut, berisi narasi sebagai berikut:

MAKLUMAT JENDRAL TNI ANDIKA PERKASA KEPALA STAFF ANGKATAN DARAT (KSAD) Terkait adanya informasi rencana aksi demo hingga tangal 20 oktober nanti, Untuk Itu KASAD TNI Menekankan sbb:

Jaga keamanan di wilayah masing2 dan Tidak menyebarkan berita tentang konflik Polri dengan masyarakat dan TNI

Bila mendapat berita di medsos jangan tanggapi & disebarkan. Hal tersebut merupakan bagian dari perencanaan dengan tujuan membenturkan Polri dan TNI.

Pegang dan pedomani surat telegram KASAD tentang pengunaan medsos.

Jangan ikut opini yang berkembang saat ini, Fokus dalam Persiapkan keamanan di wilayah masing-masing.

Selalu ingatkan Anggota Bila Melanggar dapat dijerat KUHPM pasal 103 tentang taat pada atasan, hukuman 2 tahun 4 bulan. Dan UU ITE tentang penyebaran berita bohong, hukuman 6 tahun.

Laksanakan saja apa yang menjadi tugas pokok kita.

Harap diperhatikan serta mohon diberitahukan ke seluruh masyarakat.

"Wei De Dong Tian, warning.......yang kita tidak tahu pak KASAD sudah kasih tahu. Jadi ikuti saja Krn beliau lebih tahu dari kita, beliau punya jaringan inteligen. Thian beserta kita," tulis akun Facebook Tjong Tji Hok.

Konten yang disebarkan akun Facebook Tjong Tji Hok telah 20 kali dibagikan dan mendapat 14 komentar warganet. Benarkah KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengeluarkan maklumat terkait rencana aksi demo hinga 20 Oktober mendatang? Berikut penelusurannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri poster berisi maklumat dari Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa yang beredar di media sosial.

Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus.

Brigjen TNI Nefra memastikan bahwa poster berisi maklumat dari Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa berisi informasi rencana aksi demo hingga tangal 20 oktober ternyata tidak benar alias hoaks.

"Itu hoax," kata Brigjen TNI Nefra kepada Liputan6.com, Senin (28/9/2020).

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Poster berisi maklumat dari Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa berisi informasi rencana aksi demo hingga tangal 20 oktober ternyata tidak benar alias hoaks.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus menyebut bahwa poster berisi maklumat itu bukan berasal dari TNI AD.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.