Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Uya Kuya bertanya ke Ma'ruf Amin Apa yang Dikerjakan Selama Ini

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Uya Kuya bertanya ke Ma'ruf Amin apa yang dikerjakan selama ini

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto selebriti Uya Kuya bertanya ke Wakil Presiden Ma'ruf Amin apa yang dikerjakan selama ini.

Klaim foto Uya Kuya bertanya ke Ma'ruf Amin apa yang dikerjakan selama ini tersebut diunggah akun Facebook Sapta Marga Abie Goesty, pada 28 September 2020.

Unggahan tersebut berupa foto Uya Kuya sedang merangkul bahu Ma'ruf Amin.

Pada foto tersebut diberi tulisan "saya mau bapak jujur, selama ini kerjanya ngapain aja?"

Unggahan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Saya mau bapak Jujur, selama ini

Kerja'annya ngapain aja?

Bapak tau kan kalo sebenernya

#PKIdilindungiRezim ?".

Benarkah foto Uya Kuya bertanya ke Ma'ruf Amin apa yang dikerjakan selama ini? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com sebelumnya pun pernah menelusuri foto yang identik dengan klaim foto Uya Kuya bertanya ke Ma'ruf Amin apa yang dikerjakan selama ini. Namun, dengan klaim berbeda yaitu klaim foto Ma'ruf Amin dihipnotis Uya Kuya.

Penelusuran klaim foto Ma'ruf Amin dan Uya Kuya  tersebut diawali dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Yandex.

 

klaim foto Uya Kuya bertanya ke Ma'ruf Amin\

Hasil penelusuran menampilkan sejumlah foto Uya Kuya, namun ada satu gambar Uya Kuya yang identik dengan klaim. Yaitu, terdapat kecocokan baju yang dikenakan Uya Kuya.

Gambar Uya Kuya tersebut merupakan cuplikan video program talk show sebuah stasiun televisi swasta yang diunggah akun Twitter resmi @netmediatama, pada 25 Oktober 2019. Namun, dalam video tersebut belum ditemukan posisi Uya Kuya yang identik dengan klaim.

Dalam video terdapat keterangan program televisi swasta tersebut, hal ini menjadi petunjuk Cek Fakta Liputan6.com untuk melanjutkan penelusuran menggunakan Google Search dengan kata kunci 'uya kuya ini talk show'.

Penelusuran mengarah pada video yang dimuat di situs YouTube oleh akun Ini Talk Show yang diunggah, pada 24 Oktober 2020.

Video tersebut diberi judul "Dihipnotis Uya Kuya, Ternyata Sule Cari Sensasi Biar Trending".

Cek Fakta Liputan6.com mengamati tayangan video tersebut untuk mendapatkan posisi Uya Kuya yang identik dengan klaim foto. Hasilnya pada tayangan video 10 menit 37 detik terdapat posisi Uya Kuya yang identik dengan klaim foto.

 

klaim foto Uya Kuya bertanya ke Ma'ruf Amin

Penelusuran Foto Ma'ruf Amin

Penelusuran dilanjutkan dengan menjadikan foto Ma'ruf Amin sebagai bahan penelusuran menggunakan Yandex.

 

klaim foto Uya Kuya bertanya ke Ma'ruf Amin

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Wapres sebut tantangan normal baru lebih berat dibanding PSBB" yang dimuat situs antaranews.com, pada 9 Juni 2020.

Dalam artikel tersebut memuat foto Ma'ruf Amin yang komposisinya identik dengan foto klaim.

Foto tersebut bersumber dari Asdep KIP Setwapres, diberi keterangan sebagai berikut:

"Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan pernyataan pers lewat telekonferensi dengan wartawan dari rumah dinas wapres di Jakarta, Senin (8/6/2020)" 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto Uya Kuya bertanya ke Ma'ruf Amin apa yang dikerjakan selama ini tidak benar.

Foto tersebut telah diedit, berasal dari tayangan video dan foto yang berbeda.

Sebelumnya foto Ma'ruf Amin dan Uya Kuya pun telah beredar dan ditelusuri.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini