Sukses

Kumpulan Hoaks yang Serang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Bulan ini beberapa hoaks soal Anies Baswedan juga muncul lagi. Mulai dari soal rumah DP 0 persen hingga yang terkait covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks yang terkait Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terus beredar di dunia maya. Masyarakat banyak yang menyebarkannya tanpa tahu kebenarannya terlebih dahulu.

Bulan ini beberapa hoaks soal Anies Baswedan juga muncul lagi. Mulai dari soal rumah DP 0 persen hingga yang terkait covid-19.

Hoaks tersebut beredar melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter hingga aplikasi percakapan seperti Whatsapp.

Lalu apa saja hoaks terkait Anies Baswedan selama bulan September 2020. Berikut beberapa hoaksnya seperti dirangkum tim Cek Fakta Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cek Fakta: Tidak Benar Pertamina Rugi Rp 11 Triliun karena Anies, HTI dan FPI

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Pertamina rugi Rp 11 triliun karena Anies, HTI dan FPI.

Klaim Pertamina rugi Rp 11 triliun akibat Anies, HTI dan FPI tersebut diunggah akun Facebook Fikry Agrom, pada 29 Agustur 2020 kemudian dibagikan ke grup Manusia Merdeka.

Unggahan tersebut berupa tulisan sebagai berikut:"Pertamina Rugi 11 T ( Taik ) Ini Pasti Gara2 Anies HTI FPI Atau Kampret"

Benarkah Pertamina rugi Rp 11 triliun akibat Anies, HTI dan FPI? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini...

3 dari 6 halaman

2. Cek Fakta: Tidak Benar Password WiFi Gratis di Jakarta adalah AniesKeren

Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah unggahan di grup Facebook, Indonesia bersuara. Unggahan itu membahas tentang WiFi gratis yang ada di Jakarta.

Pemilik akun Salman Joesoef adalah orang yang membahas WiFi gratis di Jakarta. Bahkan, dia menyebut password WiFi-nya adalah AniesKeren.

Berikut ini narasi yang dia buat untuk unggahannya:

"Wifi Gratis di Jakarta Passwordnya #ANIESKEREN

Cebong Ngetiknya Malu - Malu"

Dia membagikan narasi itu pada Kamis (3/9/2020) dini hari WIB. Hingga sekarang, sudah banyak yang merespons unggahan tersebut.

Lalu, benarkah WiFi gratis di Jakarta menggunakan password AniesKeren? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini...

4 dari 6 halaman

3. Cek Fakta: Tidak Benar Tak Ada Televisi yang Memberitakan Anies Menerima Tiga Penghargaan dari KPK

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim tidak ada stasiun televisi yang memberitakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat tiga penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Klaim tidak ada stasiun yang memberitakan Anies mendapat tiga penghargaan dari KPK tersebut dimuat akun Facebook Matahari pada 24 September 2020.

Unggahan tersebut berupa foto Anies yang sedang memegang tiga piala, pada foto tersebut terdapat tulisan sebgai berikut:

"Foto Anies Boyong Penghargaan Dari KPK Viral" dan "Berhubung Indonesia Tdk punya TV Karena tdk ada yang menanyangkan, mari kita viralkan di medsos : Anies Raih 3 penghargaan dari KPK atas kinerja pemberantasan korupsi di Jakarta.....Alhamdullilah."

Benarkah tidak ada televisi yang memberitakan Anies mendapat tiga penghargaan dari KPK? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini...

5 dari 6 halaman

4. Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Anies Mendapat Piala Juara Satu Corona

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang mengklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mendapat piala juara satu corona.

Foto yang mengklaim Anies mendapat piala juara satu dalam corona tersebut diunggah akun Facebook Erfan Putnama, pada 31 Agustus 2020.

Foto yang diunggah menampilkan Anies memegang sebuah piala, kemudia terdapat tulisan "JAKARTA JUARA 1 CORONA".

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"ANIES DAPAT PIALA JUARA SATU DALAM CORONA HIDUPLAH JAJARTA JADI GUBERNUR GEMBEL DAN TERJOROK KUMUH".

Benarkah Foto yang mengklaim Anies mendapat piala juara satu dalam corona? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini...

6 dari 6 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini